JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Wali Kota Riza Falepi bersama Forkopimda resmikan grand opening Cafe Organik yang ada di Simpang empat Payolansek, Payakumbuh Barat, Senin (27/1).

"Selamat atas hadirnya cafe makanan ini disini, semoga kita lebih sadar kesehatan, kita melihat harganya lumayan terjangkau, dan ini menjadi apresiasi kita sebagai kota kuliner. Cara atur makan tidak berlebihan dan tentunya makanan organik, artinya menjamin masuk-masuknya zat yang tidak merusak karena bahan kimia," katanya.

Lebih lanjut, belakangan penyakit ada yang disebabkan oleh makanan, dan orang-orang melakukan diet khusus untuk menghindari makanan tertentu, bahkan ada diet ekstrim.

"Diet ini disebabkan karena targetnya menghindari penyakit yang disebabkan makanan, meskipun diet tidak langsung berpengaruh, namun lebih baik bila kita makan sesuai dengan pola hidup sehat," kata Riza.

Dikatakannya, permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh makanan, bagaimana pemerintah nantinya kewalahan dalam mengobati masyarakat.

"Apalagi mengobati orang itu mahal, akhirnya BPJS jebol, karena penyakit juga, dan warga kita kadang tidak mau membayar iuran BPJSnya, akhirnya menunggak dan tidak dapat layanan kesehatan, banyak kerugiannya," kata Riza

Tidak itu saja, Pemko Payakumbuh juga selalu mengawasi makanan bersama BPOM. Bahkan, Riza meminta BPOM untuk berkantor di Payakumbuh untuk bisa membuat seluruh komponen mawas terhadap masalah makanan.

Owner Cafe Organik Nandi Masykur menyebut, usahanya ini menyediakan makanan yang sehat tanpa bahan kimia, saat ini kesulitan yang dihadapinya adalah dalam menyediakan bahan baku organik dimana masih sedikit di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Cafe Organik, menurutnya usaha ini sudah menyumbangkan produk yang lain dari pada yang lain dengan mengusung tema kesehatan. (Farhan)
 
Top