JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, saat hadiri Musrenbang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Senin (27/1) di aula kantor setempat. Ia mengatakan, dalam merencanakan suatu kegiatan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat harus ada skala prioritas.

Didampingi Tim II Musrenbang Nagari yang diiketuai Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin bersama pimpinan OPD lainnya, ia menyebutkan, musrenbang adalah tahap awal upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nantinya berujung pada pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Mari untuk lebih dulu mengutamakan prioritas kegiatan paling dibutuhkan masyarakat pada saat ini dan jelas pemanfaatan secara maksimal," katanya, Senin (27/1) di Tanah Datar.

Dikatakan, untuk mencapai semua itu diharapkan pihak nagari lebih proaktif dengan meningkatkan koodinasi dengan anggota DPRD dan perangkat daerah.

Wali Nagari Gurun Hanisben sampaikan paparan yang telah disepakati dari masing-masing jorong yang akan dijadikan program prioritas di mana ada tiga bidang program prioritas Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab untuk tahun 2021 dengan memanfaatkan dana APB Nagari, APBD Kabupaten serta anggaran bantuan lainnya yang sah menurut aturan dan peraturan perundang-undangan

Tiga program tersebut, sampai Hanisben pertama bidang Fisik Sarana dan Prasarana yaitu perbaikan bandar jalan raya dari Tabek Boto ke Palo Koto, perbaikan jembatan dan rabat beton, kedua bidang pemerintahan dan sosial budaya yaitu pembangunan rehab gedung SDN 26 Gurun, pengadaan mobilre SDN se-kenagarian Gurun dan bidang ekonomi yaitu pengadaan modal usaha simpan pinjam petani, pengadaan bibit tanaman palawija dan ternak sapi, ayam dan kambing.

Sementara itu salah seorang anggota DPRD Tanah Datar Benny Apero mewakili anggota yang hadir lainnya, menyampaikan sudut pandang DPRD terhadap prioritas pembangunan Nagari yang dibiayai APBD. “Nagari agar memperhatikan jalur perencanaan program pembangunan yang ingin dilaksanakan, dimulai dari musrenbang nagari, musrenbang kecamatan, musrenbang kabupaten dan selalu lakukan koordinasi,” kata Benny.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Dapil II, Nurhamdi Zahari, Yalpema Jurin, Azwar Rabain, Camat Sungai Tarab Afrizal dan Forkopimca, Walinagari se-Kecamatan Sungai Tarab, tokoh masyarakat, kepala sekolah SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Sungai Tarab. (MG)
 
Top