JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Sedikitnya lima ribuan orang perantau Nagari Sumanik, Kecamatan Salimpaung, diperkirakan, akan pulang basamo pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah mendatang.

Ketua Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) Perantauan H. Zainul Ichwan mengatakan, selama berada di kampung halaman, para perantau selain bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak saudara, juga akan mengikuti berbagai kegiatan seperti halal bihalal, malam hiburan berhadiah (Kim), serta ceramah agama oleh ustadz kondang Abdul Somad (UAS).

"Pulang basamo akbar ini perlu kita koordinasikan dengan pihak terkait, pemerintah daerah, dan Kepolisian," katanya, saat pertemuan dengan Wakil Bupati Tanah Datar, H. Zuldafri Darma dan Kapolres AKBP Rohkmad Hari Purnomo di Nagari Sumanik, Rabu (22/1) di Sumanik, Tanah Datar.

Dikatakanya, perantau IKS tersebar di seluruh provinsi di indonesia. Untuk acara pulang basamo tahun ini, dari DKI Jakarta akan berangkat sejumlah bus yang akan bergabung dengan perantau lainnya saat melintasi Pulau Sumatera.

"Mulai dari Lampung, bus akan beriringan sebanyak 250 minibus menuju kampung halaman. Mudah-suka perjalanan nanti aman dan efisien," harap Zainul.

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan, pemerintah daerah siap mendukung perantau Nagari Sumanik Pulang Basamo menyemarakan Hari Raya Idul Fitri. "Pemda akan memfasilitasi para perantau saat ini dan berkegiatan di kampung halaman," kata Zuldafri.

Senada, Kapolres Tanah Datar AKBP Rohkmad Hari Purnomo mengapresiasi dan siap mendukung kegiatan pulang basamo tersebut dalam pengamanan. (MG)
 
Top