JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah lantik Ketua TP PKK Kecamatan Tanjung Emas Ny. Ana Triwidono dan Ketua TP PKK Kecamatan Rambatan Ny. Ely Janawarlis, di gedung PKK, Indo Jolito, Batusangkar, Rabu (29/1) kemarin.

Di pelantikan itu juga dilangsungkan serah terima jabatan ketua TP PKK Kecamatan yang lama ke ketua TP PKK kecamatan yang baru.

Pelantikan itu ini dilaksanakan seiring dengan pelantikan camat yang terlaksana pada tanggal 7 Januari 2020 silam.

“Pelantikan ini, merupakan suatu keharusan yang dilaksanakan sebagaimana yang telah diamanahkan berdasarkan ketentuan hasil rakernas PKK ke-8. Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan rasa tangung jawab, kesungguhan serta perhatian lebih terhadap usaha sebelumnya,” ujar Ny. Emi Irdinansyah.

Ny. Emi berpesan Ketua TP PKK yang baru dilantik agar aktif segera melakukan kegiatan PKK di kecamatannya masing-masing yang dapat dimulai dengan membahas, menyusun dan menyesuaikan kembali program kerja ketua TP PKK di tempatnya bekerja.

Ia menambahkan TP PKK perlu merencanakan dan melaksanakan langkah kongkrit untuk memperkuat pengorganisasian kelembagaan PKK sebagai lembaga masyarakat yang handal.

“Keliling ladang berpagar kawat, ladang ditanam pohon pepaya, kader yang hebat keluarga kuat, Tanah Datar akan berjaya,” ujar Ny. Emi saat menutup sambutannya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen mengatakan, TP PKK adalah mitra pemerintah yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, dan pengerak 10 program pokok PKK.

“Kita menyadari bahwasannya keberadaan TP PKK sangat penting dalam penunjang program pemerintah yang mempunyai peran sentral untuk membentuk, merawat, serta membina keluarga sebagai pondasi utama bangsa,” ujar Suhermen.

Ia juga menyebutkan bahwa tugas yang diemban TP PKK cukup berat, oleh karena itu seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat berkontribusi dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan masyarakat berbudaya, madani dan sejahtera sesuai dengan visi misi pemerintah itu sendiri.

“Mudah-mudahan di tangan ketua TP PKK yang baru dilantik dapat mengemban amanahnya dengan sebaik-baiknya, dimulai dari tingkatan paling bawah yakni jorong, nagari, kecamatan hingga kabupaten,” ujar Suhermen.

Hadir pada saat itu, Kepala OPD, Camat Tanjung Emas Dedi Triwidono, Camat Rambatan Liza Martini, Wakil Ketua II TP PKK Tanah Datar Ny. Rina Irwandi, Bundo Kanduang, Pengurus TP PKK Nagari, Kecamatan, Kabupaten dan tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top