JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani mengharapkan rencana pembangunan nagari hendaknya mengutamakan pengembangan usaha mikro kecil menangah (UMKM) dan industri rumah tangga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Besarnya anggaran yang dikelola pemerintahan nagari saat ini hendaknya dapat digunakan untuk pengembangan produksi rumah tangga seperti kerupuk dakak-dakak, kacang goreng, kerupuk lainnya," kata Saidani pada acara Musrenbang Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Kamis (13/2).

Selain itu, Ia juga mengingatkan Pemnag untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat yang banyak terjadi akhir-akhir ini seperti tindakan asusila, maksiat, pergaulan bebas, penyalahgunaan Narkoba, dan perbuatan negatif lainnya.

Wali Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan Zulbahri mengatakan, rencana program prioritas pembangunan nagari berupa pembangunan jalan rabat beton, jalan nagari, irigasi, rehab masjid dan musala, serta pelatihan dan pendidikan untuk pemberdayaan masyarakat dan perempuan.

Musrenbang ini untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai sehingga mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari Simabur.

"Tema Musrenbang tahun ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah dan kualitas sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Daryanto Sabir mengharapkan Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan sehingga program pembangunan memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Ikut hadir dalam musrenbang yang disambut Tari Pasambahan adalah pimpinan OPD, Camat Pariangan Abdurahman Hadi, Kapolsek Iptu Jennedi, para wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat, serta undangan lainnya. (MG)

 
Top