JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengatakan, Kabupaten Agam memiliki beragam objek wisata yang dapat dikunjungi masyarakat, salah satunya Sajuta Janjang. Objek wisata ini tidak hanya sekedar dibangun, tetapi juga untuk pelepas rindu orang kampung terhadap lokasi yang pernah dijajaki dulunya.

“Tempat dibangunnya objek wisata Sajuta Janjang dulunya pernah ditempuh oleh masyarakat. Bahkan saya sendiri sewaktu kecil sering main ke lokasi itu bersama teman sekolah,” ujar Indra Catri, Minggu (2/2).

Setelah dipercayakan masyarakat untuk memimpin Kabupaten Agam, Indra Catri mengembangkan jalur menjadi objek wisata, untuk diwariskan kepada generasi penerus yang dapat mereka nikmati.

Jauh sebelumnya, juga telah dibangun Janjang Saribu, kemudian dilanjutkan Janjang Koto Gadang dan Janjang Parak Tingga. Puncak setiap objek wisata ini dilengkapi dengan mushala, di samping menjadi sarana beribadah juga sebagai res area.

“Setelah objek wisata itu dibangun, kita melanjutkan membangun Sajuta Janjang di lereng Gunung Singgalang, Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu,” sebut bupati dua periode ini.

Menurutnya, ini untuk memperkuat Agam yang memiliki pesona beragam, sekaligus memposisikan Agam sebagai adventure tourism. Indra Catri juga merencanakan objek wisata seperti ini akan dibangun di Bukik Sakura dan tembus di Ambun Tanai.

“Kita mengembangkan objek wisata tidak hanya meraup kunjungan wisatawan mancanegara saja, tetapi juga sebagai upaya untuk mengajak perantau berekreasi di kampung. Karena di Agam banyak wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari objek wisata sejarah, religi dan alam,” ulas Indra Catri.


* Pandu *
 
Top