JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemkab Tanah Datar luncurkan Aplikasi SIAPE (Sistem Aplikasi Administrasi Perkantoran Elektronik) dan tanda tangan elektronik yang diresmikan Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH Kamis (2/1) di Indo Jolito Batusangkar.

H. Zuldafri Darma, SH mengatakan, SIAPE diluncurkan dengan harapan pelaksanaan pekerjaan pada intansi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

“Pemerintah Daerah mendukung lahirnya berbagai inovasi dari OPD dan salah satunya SIAPE ini oleh dinas Kominfo, tentunya diharapkan dengan aplikasi ini dapat mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi berbasis elektronik,” katanya.

Dengan SIAPE itu, nanti proses surat menyurat akan dilaksanakan melalui elektronik. “Awalnya proses administrasi dilaksanakan secara manual memakai kertas, dengan SIAPE kita ubah menjadi elektronik. Tentunya ada keuntungannya dari perubahan ini, yaitu hemat pada penggunaan kertas dan proses administrasi surat menyurat berupa disposisi dan lain dapat dilakukan dimana saja selagi perangkat terhubung ke jaringan internet,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Tanah Datar Abrar mengatakan, aplikasi SIAPE diadopsi dari aplikasi SIMAYA yang dikembangkan dinas Kominfo Sumbar.

“Walaupun diadopsi, namun SIAPE sudah disempurnakan sesuai kebutuhan kita di OPD Tanah Datar, karena ada beberapa fitur pada SIMAYA pengembangan Kominfo Sumbar yang belum mengakomodasi kebutuhan kita,” jelasnya.

Abrar menambahkan, Dinas Kominfo Tanah Datar selama tahun 2019 telah melakukan Bimtek kepada seluruh perangkat daerah.

“Untuk menjamin keamanan SIAPE, Pemkab Tanah Datar telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sekaligus penambahan fitur tanda tangan elektronik. Dan pada Dinas Kominfo sendiri telah dilakukan ujicoba sejak Januari 2019 lalu,” ungkapnya.

Turut hadir Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, Sekda Irwandi, Asisten I Suhermen, Asisten II Edi Susanto, Asisten III Helfy Rahmy Harun, Kepala OPD, Kepala Bagian di lingkungan Setda, Camat se Tanah Datar dan Kabid pada OPD dan undangan lainnya dilanjutkan dengan tutorial dan simulasi pemakaian aplikasi SIAPE. (MG)
 
Top