JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Muzni Zakaria berharap seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 berjalan dengan lancar dan sukses.

Hal itu disampaikannya saat acara launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (20/1).

Ia mengharapkan, seluruh tahapan pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan pada bulan september mendatang, berjalan lancar dan tidak ada  oknum yang membuat kondiisi tidak aman.

Bupati Muzni menyebutkan, pada pilkada-pilkada yang sebelumnya, selalu ada ditemui kekurangan, namun pada pilkada tahun ini, ia menginginkan seluruh stak holder saling membahu menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan.

Ia juga menyoroti banyaknya potensi yang akan membuat tahapan pilkada ini tidak berjalan baik, diantaranya adalah media sosial.

Harapan Muzni dalam pilkada kedepan, masyarakat solsel arif dan bijaksana dalam menggunakan media sosial. Kendati tidak dilarang, tapi ia mengingatkan agar pengguna media sosial, tidak membuat kondisi yang selama aman menjadi tidak aman.

“Jangan sampai kita yang membuat kondisi tidak aman, berhati-hati bermain medsos,” ungkpanya.

Sementara itu, ketua KPU Solsel Nila Puspita menyebutkan, dalam launching Pilkada 2020, pihaknya menetapkan si Solih atau masyarakat Solok Selatan memilih sebagai maskotnya.

Dijelaskannya, Maskot si Solih berbentuk lumbung padi, oleh masyarakat di Minangkabau dikenal sebagai Rangkiang, menggambarkan kemakmuran Solok Selatan.

“Dengan kemakmuran Solok Selatan, KPU sudah mendapatkan anggaran untuk melaksanakan Pilkada serentak 2020,” katanya.

Selain itu imbuhnya, si Solih menggunakan sendal datuk yang menggambarkan bahwa pemimpin tersebut bisa mengayomi masyarakat.

“Sendal datuk yang digunakan mengartikan kesederhanaan seorang pemimpin dan bisa membaur kedalam masyarakat,” ujarnya.

Dia melanjutkan dalam menetapkan Maskot, setiap daerah berbeda-beda, Maskot  tersebut khusus untuk Pilkada Solok Selatan.

Dia berharap, Pilkada 2020 berjalan sukses  aman dan lancar, tidak ada darah yang tumpah serta tidak ada api yang menyala.

“Kami mengajak semua masyarakat ikut menjaga jalannya pesta Pilkada 2020 supaya berjalan aman, lancar serta sukses agar terpilih pemimpin yang bisa mengayomi masyarakat,” harapnya.(dirman)*.
 
Top