JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, terus mendorong aparatur dipemerintahannya untuk selalu berusaha melahirkan inovasi.
Buktinya, Dinas Komunikasi dan Informatika, melalui Bidang E-Governmnet, melahirkan aplikasi dinamakan dengan e-Kinerja.

Sehingga dengan adanya aplikasi e-Kinerja tersebut turut mendongkrak nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) sesuai dengan keinginan Walikota Riza Falepi dengan target nilai A.

Kadiskominfo Jhon Kenedi diwakili Kabid E-Government, Armein Busra, Rabu (8/1), kemarin mengatakan, saat ini tim IT tengah melakukan sosialisasi dan coaching untuk memperkenalkan cara penggunaan aplikasi sekaligus perbaikan-perbaikan menjelang penerapannya dalam waktu dekat ini.

"Sebelumnya ada aplikasi penilaian bernama APIK, ini adalah kerjasama dengan Pemko Tangerang Selatan, karena targetnya kita ingin SAKIP A, maka ada beberapa perubahan, sehingga menghasilkan sebuah inovasi hasil karya kita sendiri yaitu E-Kinerja ini yang merupakan sebuah subsistem yang tengah dibangun pada sebuah sistem intergrasi mulai dari RPJM sampai ke penilaian kinerja aparatur itu sendiri," kata Armein.

Petugas Coaching ini dibagi-bagi timnya, ada kabid, ada kasi, dan tenaga analis di Kominfo yang bertindak sebagai narasumber.

"Coaching itu ada 3 sesi, dari sejak di-launching waktu itu kita adakan coaching kepada PNS bagaimana mereka memahami aplikasi penilaian kerja yang baru ini, satu sesi ada 30 orang, jadi bisa sekitar 90 orang perhari PNS yang ikut," jelasnya.

Untuk aplikasi baru disediakan dalam dua versi, yaitu android base dan web base. User atau pengguna adalah ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh dan bisa pilih, apakah mau pakai android atau web.

"Sedangkan untuk pengguna berbasis IOS I-phone, sekarang sedang dalam tahap pengembangan," tutupnya. (Farhan)


 
Top