JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Pembangunan kawasan normalisasi Batang Agam disekitaran Kecamatan Payakumbuh Barat terus dibenahi, untuk disiapkan sebagai kawasan wisata dan olahraga baru di Kota Payakumbuh.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Andiko Jumarel menyebut, pengembangan area Batang Agam sebagai kawasan destinasi wisata air baru merupakan terobosan yang luar biasa dari Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

"Bapak Wali Kota Riza Falepi memiliki visi jelas untuk terus mengembangkan kawasan di sepanjang Batang Agam sebagai daerah pertumbuhan ekonomi baru. Dan ini tentu merupakan gebrakan luar biasa dan memiliki potensi yang sangat besar pula," kata Andiko, Jumat (10/1).

Saat ini, kata Andiko, pembangunan sejumlah sarana yang ada di lokasi tersebut masih terus dikejar serta pengerjaan yang direncanakan selesai dalam waktu dekat.

"Khusus untuk daerah aliran Batang Agam di sekitar Sungai Pinago, ada sejumlah proyek pembangunan, di antaranya skate park, stadion sepakbola, gedung olah raga, taman-taman dan lainnya. Pengerjaan sudah lebih dari 95 persen," sebutnya.

Dengan adanya pembangunan tersebut, kawasan ini dapat menjadi pusat olahraga dan objek wisata baru bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Randang.

"Nantinya, di lokasi ini kita akan digelar iven-iven budaya. Untuk menambah daya tarik dan kenyamanan di lokasi tersebut juga akan disiapkan pusat kuliner. Mudah-mudahan warga Payakumbuh dan  Sumbar bisa menikmati lokasi ini nantinya," terang Andiko.

Untuk saat ini Pemko Payakumbuh akan fokus untuk memaksimalkan potensi dari pembangunan-pembangunan yang tengah dilaksanakan ini. Andiko juga tidak menampik pembangunan tersebut juga disiapkan sebagai sumber PAD bagi Payakumbuh. (Farhan)
 
Top