JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Koperasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggelar Rapat Anggota Tahunan 2019. Kegiatan secara resmi dibuka Bupati  Solsel yang diwakili oleh Asisten II, Putra Nusa di Aula Sarantau Sasurambi, Selasa (14/1).

Bupati dalam sambutannya mengapresiasi Koperasi DWP Solsel yang selalu melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu, bahkan selalu tercatat sebagai koperasi yang pertama melaksanakan RAT di Solok Selatan.

Ia juga melihat perkembangan koperasi DWP yang signifikan tiap tahunnya, hal itu terlihat dari perkembangan modal koperasi yang terus meningkat.

Disisi lain, Bupati juga mendukung untuk terbangunnya kantor permanen untuk koperasi DWP, untuk sementara lanjutnya, jika ada peluang meminjam ruangan untuk dimanfaatkan sebagai kantor koperasi DWP  maka ia minta agar segera diajukan permohonannya.

Senada, Kepala Dinas Peridagkop dan UKM Budiman juga menyebutkan bahwa koperasi  DWP Solsel tergolong koperasi yang tercepat dalam melaksanakan RAT Tahun 2019. Ia menambahkan, koperasi pertama yang melakukan RAT yaitu Koperasi Tani Bangun, setelahnya baru koperasi DWP Solsel.

“Koperasi DWP Solsel tergolong koperasi yang sehat dan cepat dalam pelaksanaan RAT,” ungkapnya.
Ia juga mengapresiasi perkembangan baik yang dilakukan Koperasi DWP, terlihat dari hasil SHU KSU DWP meningkat 20% dari tahun kemarin. Begitu juga aset meningkat 21%.

“Sebuah perkembangan yang baik bagi KSU DWP, ini dapat terjadi berkat  kerjasama yang baik oleh seluruh elemen dalam koperasi,” cetusnya.

Di samping itu, Ketua Koperasi Dharmawanita Persatuan Ny Esi Erwin Ali mengatakan, jumlah anggota Koperasi DW Persatuan sebanyak 372 orang yang berasal dari DW Sekretariat Daerah, Badan, Dinas, Kantor, dan PNS serta anggota yang sudah pensiun.

Pendapatan koperasi yang bersumber dari usaha simpan pinjam dan sumber lainnya Rp. 399,7 Juta dan belanja Rp 147,5 Juta

“SHU sebesar Rp. 252,1 Juta, meningkat 20,65 % lebih dari tahun buku 2018 silam sebesar Rp. 208.9 Juta,” ungkapnya.

Realisasi kredit simpan pinjam tahun 2019 sebesar Rp. 3,114, 350,000, dan realisasi usaha kredit barang mencapai Rp. 94,9 juta

Modal koperasi tahun 2019 mencapai Rp 2,071 Miliar. Meningkat sebesar Rp 324 juta lebih dari tahun sebelumnya (2018) sebesar 1,747 Miliar

Dalam kesempatan tersebut, Koperasi DWP memberikan santunan untuk 22 Anak yatim dan masyarakat kurang mampu.

Rapat Anggota Tahunan Koperasi Dharma Wanita Solsel  tahun buku 2019 dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Solsel, Ny. Bet Yulian Efi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala OPD , Ketua beserta jajaran Pengawas dan Pengurus Koperasi serta anggota.(hms/man)*.
 
Top