JA.com, Payakumbuh, (Sumatra Barat) --Camat merupakan pemimpin kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota. Camat berkedudukan sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, berada di bawah, dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris daerah kabupaten atau kota. Camat diangkat oleh bupati atau wali kota atas usul sekretaris daerah kabupaten atau kota terhadap Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat.

Menurut Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 1998 tentang Kecamatan, camat atau sebutan lain adalah pemimpin, dan koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerja kecamatan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan pemerintahan dari Bupati/Wali kota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Camat diangkat oleh bupati/wali kota atas usul sekretaris daerah kabupaten/kota dari pegawai negeri sipil yang menguasai pengetahuan teknis pemerintahan, dan memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Kali ini terlihat keramaian di halaman kantor Camat Payakumbuh Timur (14/1) tentunya timbul pertanyaan perihal apa? Yaninya pelantikan Camat Payakumbuh Timur dari yang lama ke yang baru. Yakninya dari kepemimpinan Ahmad Arifianto ke Irwan Suwandi.

Turut menghadiri dalam acara pisah sambut Camat Payakumbuh Timur itu, Edwar DF yaitunya Anggota DPRD dari Fraksi PPP, dan pejabat daerah lainya.

Dalam kata sambutanya, Irwan Suwandi yang merupakan mantan lurah di Payobasung itu menyampaikan visi dan misi, serta akan memaksilmalkan kinerjanya sebagai Camat Payakumbuh Timur yang baru, dalam segala bidang.

"Terimakasih untuk semuanya yang telah hadir dalam pelantikan ini, tanpa mengurangi rasa hormat. Kita akan hidupkan semua orgaanisasi di Payakumbuh timur ini, bukan hanya itu, setiap keluhan masyarakat kita akan dengar dan mengusahakan semampu kita, tentunya saya harap kerjasama dan kekompakan kita semua sangat diperlukan," kata Irwan.

Terlihat sosok semangat seorang pemimpin, bagaikan matahati baru bagi Payakumbuh Timur ini, Beliau melanjutkan, pengharapannya kepada semua masyarakat Payakumbuh Timur.

"Menjadi pemimpin di kecamatan, tentunya beban berat yang sedang saya rangkul, tak lain dari itu, masyarakat dan semua perangkat Camat Payakumbuh Timur harus bekerja sama, untuk mewujudkan semua yang kita inginkan" Tutup Camat yang baru dilantik itu.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Payakumbuh Edwar DF mengucapkan terimakasih kepada camat lama dan selamat datang camat baru.

"Terima kasih atas pengabdian camat lama, dan selamat datang camat baru," tutupnya.
(Farhan)
 
Top