JA.com, Limapuluh Kota, (Sumatera Barat)
BUPATI Limapuluh Kota Irfendi Arbi kembali menunjukkan prestasinya. Mengawali tahun 2020 ini Irfendi Arbi sukses meraih penghargaan pembina Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Irfendi Arbi berhasil mengoleksi penghargaan bergengsi itu karena dinilai memiliki perhatian besar terhadap upaya pengembangan teknologi dan pembinaan terhadap Posyantek Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak yang sebelumnya juga telah berhasil merebut juara 1 pada pelaksanaan Penilaian Pos Pelayanan Teknologi tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019.

Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumatera Barat melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Nagari (BPMPD/N) Provinsi Sumbar H. Safrizal kepada bupati diwakili Kepala DPMPD/N Kabupaten Limapuluh Kota Drs. A. Zuhdi Perama Putra, M.Si di kantor DPMD/N Provinsi di Padang, Senin (13/1).

Bupati Irfendi Arbi mengaku sangat gembira dan bersyukur mendapatkan tropy pembina Posyantek tersebut. Ia berharap, penghargaan itu menjadi motivasi Posyantek dan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota untuk terus berkreativitas dan berinovasi serta meningkatkan akses terhadap penggunaan teknologi tepat guna.

"Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan penghargaan pembina Posyantek berprestasi. Ini harus menjadi motivasi bagi kita untuk terus berupaya melakukan pengembangan teknologi dan diharapkan bermunculan para penemu dan inovator teknologi yang mampu meningkatkan kesejahteraann masyarakat,” papar Irfendi.

Irfendi berharap Posyantek ke depannya semakin berkontribusi positif terhadap penerapan teknologi dan perkembangan perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Apalagi dalam era perkembangan teknologi dan industri dewasa ini yang menuntut pengetahuan terkini.

"Kita berharap, Posyantek ini terus memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis Teknologi Tepat Guna. Sesuai tujuannya,  Posyantek ini diharapkan benar-benar menjembatani masyarakat pemanfaat/pengguna teknologi tepat guna dengan sumber teknologi tepat guna," papar Irfendi Arbi.

Terpisah, sejumlah pihak mengapresiasi dan mengaku bangga dengan kebolehan Bupati Irfendi Arbi yang terus mengoleksi prestasi. Mereka optimis Limapuluh Kota ke depannya akan semakin hebat.

“Kita bangga dengan prestasi yang diraih Bupati Irfendi Arbi termasuk penghargaan sebagai pembina Posyantek ini. Harus diakui, predikat juara 1 yang direbut Nagari VII Koto Talago pada Penilaian Pos Pelayanan Teknologi tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu tidak terlepas dari pembinaan serius dari Bupati Irfendi Arbi,” ungkap Wali Nagari VII Koto Talago Yon Hendri, SS.

Karena dukungan dan pembinaan Bupati Irfendi Arbi, lanjut Yon Hendri, Nagari VII Koto Talago sukses merebut juara pertama lomba Posyantek tingkat Sumbar dan masuk nominasi 10 besar nasional. Masyarakat sangat berterimakasih atas dukungan bupati selama ini hingga Posyentek VII Koto Talago bisa beperan di tengah masyarakat, bahkan juga telah berinovasi.

Senada Ketua Posyantek Kenagarian VII Koto Talago Heri Niswar juga mengaku Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi benar-benar memberi ruang bagi masyarakat untuk menerapkan berbagai ilmu dan teknolagi terapan di Posyantek VII Koto Talago.

"Kami benar-benar merasakan pembinaan dan pendampingan dari bupati hingga kami sukses merebut juara pertama tingkat provinsi dan masuk nominasi 10 besar nasional," tutur Heri.

Dikatakan, dengan dukungan banyak pihak termasuk OPD terkait dan tenaga pendamping, Heri optimis Posyantek VII Koto Talago akan menjadi yang terbaik Nasional Tahun 2020. Selain akan menjadi juara nasional,  ia juga memastikan Poyantek ini akan terus berinovasi.

"Selama ini kami sudah banyak berinovasi. Selain membuat bio gas dari limbah ubi kayu,  kami juga mengaplikasikan irigasi tenaga surya,  membuat pupuk organik penggantinunsur P dengan arang sekam dan alat penyiangan padi serta pengolahan sampah.  Tak kalah menariknya,  kami juga sudah mengolah minyak jelantah menjadi bahan bakar mesin diesel," papar Heri.

Begitu pula di bidang teknologi informasi, Posyantek juga sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Kominfo dan di bidang pangan bekerjasama dengan Dinas Pangan. (gun)
 
Top