JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Silaturahmi dengan Ikatan Keluarga Tanah Datar dan Padang Panjang (IKTDP) Palembang di Balai Basamo IKTDP Palembang, kemarin.

Ia mengatakan, keberlangsungan pembangunan tidak cukup mengandalkan pemerintah semata tetapi membutuhkan kontribusi unsur lain. Sinergitas berbagai unsur tersebut yang membuat pembangunan bisa terlaksana lebih baik.

"Salah satu unsur tersebut yaitu peran dan kontribusi perantau terhadap pembangunan kampung halaman. Ini diakui punya peran yang sangat besar untuk kemajuan daerah," katanya.

Silaturahmi ini sangat penting sebut bupati di depan tokoh-tokoh perantau, selain untuk membangun jembatan hati pemerintah daerah dengan warganya di perantauan juga menyampaikan informasi pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah.

“Di awal pemerintahan kami bersama Bapak Zuldafri Darma, menyikapi potensi dan kondisi Tanah Datar, kita menampung masukan dan pemikiran-pemikiran untuk membangun dari berbagai pihak termasuk dari perantau yang dituangkan ke dalam RPJMD. Saat ini akan memasuki tahun ke-4, sudah tepat kiranya kami melaporkan kepada perantau apa-apa yang sudah dilaksanakan,” terang bupati.

Bupati jelaskan untuk mewujudkan visi Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai ABS-SBK, pemerintah daerah menetapkan 5 program prioritas yaitu peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan pariwisata, peningkatan infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik.

“Mengingat keterbatasan keuangan daerah, selain melahirkan inovasi-inovasi, pemerintah daerah harus menjemput bola ke provinsi dan pusat mencari peluang-peluang pembiayaan pembangunan, dan alhamdulillah kita mendapat perhatian untuk membenahi infrastruktur yang dimiliki seperti rehab puskesmas, pasar nagari, Pasar Batusangkar, RSUD M. Ali Hanafiah dan masih banyak yang lainnya,” terangnya.

Kesempatan sama, Ketua IKTDP Palembang H. Jhon Hendry menyambut baik silaturahmi ini untuk menguatkan sinergi pemerintah daerah dan rantau.

“Kami sangat berbesar hati bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan Bapak Bupati, ibarat kata mamak kanduang datang manyilau anak kamanakan di rantau yang kira-kira kami di sini lebih kurang 2.500 orang, ini potensi yang besar turut berkontribusi dan kami selalu memantau kondisi dan perkembangan kampung halaman apalagi saat ini sudah sangat gampang dengan majunya teknologi informasi,” terang Jhon.

Senada, Ketua Badan Komunikasi Keluarga Minang (BKKM) Sumsel H. Nofrizon mengapresiasi perantau Tanah Datar yang dinilai cukup maju dan kompak.

“Di Sumsel ini, kita punya seluruh perwakilan IKM kabupaten/kota se-Sumatera Barat dan Insya Allah kami kompak semua termasuk warga Tanah Datar yang banyak berhasil dan punya kontribusi besar di Palembang ini,” simpulnya. (MG)
 
Top