JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Wakilnya Zuldafri Darma Gelar rapat kerja, usai Apel Bersama dan halal bi halal dengan jajaran ASN, Senin (10/6)
di Aula Eksekutif, Kantor Bupati setempat, kawasan Pagaruyung, Tanah Datar.

Ikut dalam raker tersebut, Pj. Sekda Helfy Rahmi Harun, Asisten, Kepala OPD dan Kabag terkait membahas isu-isu strategis yang perlu segera ditindaklanjuti.

Bupati Irdinansyah minta kepala OPD di bawah koordinasi Sekda dan para Asisten untuk melakukan percepatan-percepatan pembangunan dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi, komunikasi, rapat-rapat teknis lintas stake holder agar program yang sudah direncanakan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ada.

“Salah satu program yang perlu kita sukseskan yaitu penghijauan di kawasan yang nanti kita kaji. Penghijauan ini bekerjasama dengan BNPB dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta turut membantu ekonomi masyarakat setempat," kata Irdinasyah.

Dikatakan, terkait tahun ajaran baru, progam Gerbang Cerdas yang dimiliki Tanah Datar di mana salah satu isinya jaminan anak Tanah Datar bisa melanjutkan ke PTN.

“Segera lakukan koordinasi dengan Baznas Tanah Datar untuk selanjutnya berkoordinasi dengan Baznas Provinsi agar bantuan bagi anak Tanah Datar dari keluarga tidak mampu yang lulus di PTN bisa disalurkan,” tegasnya.


Sementara itu, pembangunan Pasar Atas Batusangkar juga mendapat perhatian khusus dalam pembahasan. Kadis Koperindag Marwan mengatakan, saat ini sudah dibentuk Tim Percepatan Pembangunan Pasar Atas Batusangkar dengan tugas untuk melakukan sosialiasi pembangunan dan tim pembanguan fisik pasar.

Dikatanya, selain Pasar Atas Batusangkar, pembangunan pasar nagari sudah memasuki tahapan pengurusan administrasi tender dan ada yang sudah tender.

“Rehab pasar nagari melalui DAK di antaranya Pasar Simabur Pariangan, Pasar Buo Lintau Buo, Pasar Pandai Sikek dan Pasar Koto Baru X Koto. Khusus Pasar Koto Baru X Koto sudah pada tahap tender. Minggu ini sudah tahu pemenangnya. Anggaran sebesar Rp. 13,6 Miliar digunakan untuk pembebasan lahan, pembuatan jalan lingkar dan bangunan pasar,” simpul Marwan. (MG)
 
Top