Foto : Posko BPBD Mentawai
JA.com, Mentawai (Sumatera Barat)--Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai, Novriadi menghimbau seluruh lapisan masyarakat Mentawai maupun pengunjung kegiatan Festival Pesona Mentawai (FPM) tetap waspada, bahwa kegiatan berada di daerah kawasan pantai yang sangat tinggi rawan bencananya.

Mengantisipasi terjadinya bencana di sekitar lokasi kegiatan FPM, kata Novriadi pihaknya bersama Dinas PU Mentawai telah mempersiapkan jalur khusus evakuasi, walaupun belum sempurna, namun sudah bisa di gunakan." jelasnya.

“Untuk Lokasi evakuasi yang di bangun sekarang sifatnya masih sementara” kata Novriadi saat berikan himbauan di lokasi acara FPM Mappadegat Jumat (28/06).

Kemudian apabila terjadi gempa dengan intensitas yang cukup tinggi
ataupun gempa yang cukup lama dengan durasi 20 detik, sebut Novriadi maka masyarakat segera melakukan evakuasi secara mandiri ke tempat lokasi yang sudah di siapkan dengan mengikuti rambu-rambu yang ada."ujarnya.

Untuk jarak lokasi acara FPM  sampai di tempat lokasi evakuasi lebih kurang 300-350 meter dengan ketinggian sekitar 15 meter sampai di puncak evakuasi sementara, selain itu peralatan kesiapsiagaan juga sudah disiapkan seperti komunikasi, untuk peralatan penyelamatan sudah berkoordinasi dengan Basarnas Mentawai.

Apabila terjadi bencana bantuan pertolongan pertama, dukungan air bersih sudah di persiapkan dari mulai kegiatan sampai penutupannya. sedangakan untuk personel di persiapakan setiap harinya sebanyak 10 orang disiagakan di lokasi kegiatan untuk memberikan layanan informasi serta di fasilitas radio Riq.' jelasnya.

Tambahnya, pemasangan serine tidak disiapkan karena tidak bakal berfungsi, hanya lebih mengedepankan faktor pengalaman ketika terjadi gempa langsung melakukan  penyelamatan mandiri." ungkapnya.

Penunjuk arah evakuasi sudah kita persiapkan sebanyak 100 rambu-rambu sekaligus peta evakuasi. Namun yang menjadi kendala prasarana penerangan yang belum ada di tempat lokasi evakuasi, akan tetapi kita  sudah berkoordinasi dengan pihak panitia acara FPM,"tuturnya. (Lilis).
 
Top