JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, belajar ke Pemkab Tanah Datar. Mereka sengaja datang untuk mempelajari keberhasilan meraih prestasi Terbaik I Nasional dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Tangerang itu, berjumlah 21 orang terdiri dari Asisten III, Yani Sutisna, Kepala Bappeda, para kabid, kasubid, fungsional perencana dan staf.

Bupati Tanah Datar melalui Kepala Baperlitbang, Alfian Jamrah mengatakan, Pemkab Tanah Datar punya komitmen untuk pengelolaan keuangan daerah yang baik sehingga berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali dimana enam kali diraih secara berturut-turut.

"Pemkab Tangerang merupakan pemda kelima yang datang ke Tanah Datar, sebelumnya Pemkab Tulung Agung Jatim, Pemkab Sijunjung, Pemkab Solok, dan Pemko Payakumbuh,” katanya, Kamis (27/6) di Batusangkar.

Alfian menyebut Tanah Datar sudah tiga kali berturut-turut terbaik di tingkat provinsi dan berjuang di tingkat pusat, tahun 2018 peringkat 7 nasional dan tahun 2017 masuk 14 besar nasional.

"Pencapaian prestasi Terbaik I tingkat nasional ini melalui proses yang panjang mulai dari seleksi di tingkat provinsi hingga nasional," papar Alfian.

Lebih lanjut dikatakannya, beberapa objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah. (MG)

 
Top