JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Tim Penilai Perlombaan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019, sambangi Kelurahan Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Rabu (19/6).

Kedatangan Tim tersebut disambut Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III, Amriul Dt. Karayiang, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Henny Riza Falepi, pimpinan OPD, Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh, serta Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Bundo Kanduang.

Asisten III Setdako Amriul Dt. Karayiang yang mewakili walikota Payakumbuh mengatakan, kehadiran tim penilai menjadi penyemangat bagi aparatur dan masyarakat untuk berbuat lebih baik.

"Kita gembira dan terimakasih atas masuknya Koto Tangah dalam nominasi 3 besar dalam Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) tingkat Provinsi Sumatera Barat.
Semoga selama berada di Koto tangah, umumnya di Payakumbuh, tim penilai merasakan betah,” kata Amriul Dt Karayiang, Rabu (19/6) di Payakumbuh.

Dikatakannya, Pemko Payakumbuh sangat konsen sekali dalam pambinaan kelurahan. Dimulai dari penataan kelurahan, ada kelurahan penggabungan sejak tahun 2013 sd/ 2018 dari awalnya berjumlah 70 kelurahan, sekarang menjadi 47 kelurahan.

“Pengalokasian anggaran kelurahan dengan memperhatikan jumlah penduduk, jumlah masyarakat dan luas kelurahan, hal ini terjadi agar pemberdayaan masyarakat dan fasitlitas publik lebih efektif,” ungkapnya.

Tidak itu saja, Pemerintah Pusat tahun 2019 juga memberi perhatian lebih dengan adanya ADK (Alokasi Dana Kelurahan). Selain itu, komitmen Pemko Payakumbuh dalam pemberian reward bagi aparatur, serta tunjangan bagi lurah yang lebih tinggi dari tukin eselon 4 di SKPD lainnya.

“Jadi wajar apabila kita menuntut kinerja maksimal lurah, agar lurah mampu melahirkan beragam program kegiatan dan inovasi, walaupun konsep sama namun manuver berbedanya tentu harus ada, dalam beberapa waktu, Koto Tangah berbenah dan melahirkan inovasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Ketua Tim Penilai Provinsi Drs. H Syafrizal, MM mengatakan, dasar dari lomba, adalah Permendagri 81 tahun 2018, lalu Petunjuk pelaksanaan lomba kelurahan dan desa nasional, serta Surat Keputusan gubernur tentang tim penilai kelurahan, nagari, dan desa provinsi.

Anggota tim penilai, H. Rusdi Lubis, Azwar, SE, M.Si, Firmanto, S.IP, Yuanda Ogi, S.IP, MH, Darmansyah Sirut, SH, Ratmil Firdaus, SH, dan Ir. Elfi Zulfiana Ros. (Farhan)

 
Top