JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Kota Payakumbuh berhasil mewujudkan harapannya dalam meningkatkan prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi. Betapa tidak, pada MTQ Nasional ke-38 yang diadakan di Kota Solok kemarin, kafilah kota Payakumbuh meraih peringkat delapan dari 19 kabupaten/kota di provinsi ini.

Wawako Erwin Yunaz, mengatakan, prestasi ini bisa dibilang sebuah peningkatan, sebab pada MTQ dua tahun lalu di Kota Pariaman, Kota Payakumbuh alias Kota Randang, hanya berada di posisi kesepuluh.

"Alhamdulillah, Kota Payakumbuh bertengger diposisi delapan dengan jumlah poin 27," ungkap Wakil Walikota Erwin Yunaz didampingi Sekretaris Daerah, Rida Ananda, kemaren di Payakumbuh.

Sementara itu, Kota Padang yang selama ini mendominasi sebagai juara umum, kali ini berada di posisi kedua dan posisi pertama direbut oleh Kabupaten Tanah Datar. Untuk posisi ketiga dan keempat masing-masing disabet oleh Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, serta tuan rumah, Kota Solok, berada di posisi kelima.

Selanjutnya posisi keenam ditempati oleh Kabupaten Agam, posisi ketujuh Kota Bukittinggi, kesembilan Kabupaten Pasaman dan peringkat 10 ditempati oleh Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra. Ul Fakhri, yang didampingi Kasubbag Kesos Wirman, mengatakan, kontingen kafilah Kota Payakumbuh pada MTQ Nasional ke-38 sebelumnya berhasil masuk babak final pada 9 cabang. Dengan hasil yang cukup gemilang dimana sejumlah cabang pada partai puncak mampu meraih hasil maksimal.

Cabang-cabang yang meraih juara tersebut di antaranya 4 (empat) peringkat satu; disumbangkan dari lomba Tilawah Taman Kanak-kanak (pi) atas nama Zellia Puteri Rifani, Hifzhil 5 Juz Non Tilawah (pa) atas nama Abdul Karim Amarullah, kemudian cabang Fahmil Quran (pa) atas nama (Muhammad Dhonan Latif, M. Harun Arrasyid, Muhammad Al Hafidz) dan Romico Putra pada cabang Bintang Qasidah Dewasa (pa).

Selanjutnya satu peringkat dua dipersembahkan oleh Bintang Qasidah Anak-anak (pi) oleh Azizatul Fitriyah. Dan 4 (empat) peringkat tiga dari cabang Hifzhil 5 Juz Non Tilawah (pi) atas nama Naila Aisha Fitriani, Hifzhil 30 Juz (pi) Citra Mardatillah, Fahmil Qur'an (pi) atas nama (Diang Kumala, Hanifah Dhiyaulhaq, Viona Vonilihani) dan terakhir dari cabang Bintang Qasidah Anak-anak (pa) Devon Trinaldi.(Farhan) itu
 
Top