JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Untuk memenuhi imbauan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8356 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, sedikitnya  148 orang Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dilantik dan diambil sumpah oleh Pj. Sekretaris Daerah Tanah Datar Helfy Rahmy Harun di Aula Kantor Bupati Pagaruyung, Jum’at (21/6).

Helfy Rahmy mengatakan, pelantikan yang dilakukan merupakan pengisian kepala UPT sekolah yang kosong karena pensiun dan banyak guru kelas diberi tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Disamping
imbauan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8356 tahun 2018.

Lebih lanjut, secara umum persyaratan administrasi yang perlu terpenuhi  adalah Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) Calon Kepala Sekolah.

“Alhamdulillah saat ini sudah cukup banyak guru yang telah memiliki, namun belum seluruhnya bisa terpenuhi untuk menjabat Kepala UPT atau sering disebut kepala sekolah,” ujar Rahmy.

Sementara untuk mengisi kekurangan guru, Pemkab Tanah Datar  akan mengusulkan ke Kemenpan dan RB RI sebanyak 65 orang formasi tahun 2019.

Kemudian, kata Helfy Rahmy, tugas seorang guru cukuplah berat, di samping sebagai tenaga pendidik, fasilitator, pelayan, perancang, pengelola dan penilai terhadap hasil belajar anak didikannya juga ada yang ditambah dengan tugas kepala sekolah.

“Kepala sekolah dituntut untuk mampu membuat perencanaan program sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi,” katanya.

Ia berharap kepada seluruh guru yang hadir pada acara tersebut yang dipercaya sebagai kepala sekolah maupun pengawas dan UPT  harus bekerja sungguh-sungguh dalam mendidik dan membina muridnya sesuai tugas dan tanggung jawab.

“Amanah yang dilaksanakan dengan sepenuh hati, jujur, ikhlas serta sesuai aturan dan jangan sekali-kali melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang  berlaku”, pesan Sekda.

Sementara itu, Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM) Tanah Datar Suhermen mengatakan,  pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penugasan guru sebagai Kepala UPT SD dan SMP sebanyak 148 orang terdiri dari 127 kepala UPT SD dan 21 Kepala UPT SMP terhitung mulai tangal pelantikan. (MG)
 
Top