Ja.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pembukaan Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Selasa (18/6).

Sedikitnya, 1.000 an kader PKK dan unsur TTG se-Sumatera Barat di bawah pimpinan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumbar beserta pengurus melakukan kegiatan dan berlomba hingga Kamis (20/6) mendatang.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat membuka kegiatan itu, memberikan apresiasi kepada Kabupaten Tanah Datar selaku tuan rumah. Banyak sekali manfaat dari kegiatan tersebut, sehingga perlu dipertahankan. Yang jelas, pemerintah Provinsi Sumatera barat menyambut baik kegiatan akbar Jambore PKK dimaksud.

"Bagaimana ketahanan keluarga bisa terjaga, menjadikan keluarga bisa mandiri dan memperhatikan pendidikan, menjaga keluarga dari pengaruh narkoba, LGBT. Ini menjadi tugas bersama dan besar harapan PKK dengan program Dasawisma dan 10 Program Pokok PKK bisa menjadi garda terdepan menyukseskannya bersama pemerintah,” kata Nasrul Abit, Selasa (18/6) di Batusangkar.

Wagub Nasrul juga ingatkan kader PKK bisa mengikuti kemajuan teknologi informasi. “Kader PKK harus melek teknologi. Revolusi teknologi 4.0 bisa dimanfaatkan menunjang kegiatan PKK,” ingat Nasrul.

Ketua TPP PKK Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dalam laporannya menyebutkan kegiatan Jambore Kader PKK sebagai bentuk reward kepada seluruh kader PKK mulai dari tingkat jorong yang sudah bekerja ikhlas tanpa pamrih di tengah-tengah masyarakat.

"Jambore kader PKK sebagai bentuk reward kepada kader, mudah-mudahan kegiatan ini bisa menambah wawasan dan menjalin silaturahmi memperkuat persaudaraan sesama kader. Ini bukan pertemuan biasa tetapi saran konsolidasi melahirkan program kegiatan yang tepat sasaran. Kita patut bangga karena Sumatera Barat satu-satunya di Indonesia yang melaksanakan jambore kader,” ungkap Ny. Nevi yang juga didampingi Wakil Ketua Ny. Wartawati Nasrul Abit.

Ny. Nevi mengatakan kader PKK berasal dan ada di tengah-tengah masyarakat. “Kader PKK bisa disebut sebagai srikandi yang turut berperan dalam pembangunan, sesuai dengan tema jambore mari kita tingkatkan kinerja selaras dengan program pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, kami menyampaikan selamat datang di Tanah Datar Luhak Nan Tuo, selamat berkegiatan dan selamat mengikuti lomba. Jangan lupa di sela-sela kegiatan bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata dan kuliner yang ada, kita sediakan khusus pasar digital Van der Capellen di halaman Gedung Promosi Tanah Datar, agar peserta bisa menikmati kuliner khas," katanya. (MG)
 
Top