JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Perkim Lingkungan Hidup, camat, Forkompinca, wali nagari, TNI/Polri dan masyarakat setempat, gelar bersih-bersih di objek wisata Lembah Anai Kecamatan X Koto, Jum’at (21/6)

Asisten Ekobang Kabupaten Tanah Datar Edi Susanto di sela-sela aksi bersih-bersih mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Kesadaran ini yang perlu ditumbuhkan di tengah-tengah masyarakat.

"Kalau hanya mengandalkan petugas kebersihan sementara masyarakat tidak peduli terhadap lingkungannya, niscaya alam akan semakin cepat rusak," katanya.

Melihat kondisi sampah berserakan di Batang Anai, Edi Susanto menyesalkan sebagian pengunjung dan pedagang masih membuang sampah sembarangan ke dalam aliran sungai.

"Sebagian pengunjung dan pedagang yang berjualan di sekitar objek wisata masih ada yang membuang sampah ke Batang Anai padahal sudah disediakan kontainer sampah. Ini mengganggu pandangan, mendatangkan penyakit dan bau yang kurang sedap serta sungai akan tercemar,” kata Edi.

Dikatakannya, panjangnya jalur yang harus dijaga kebersihannya, masih dibutuhkan tambahan fasilitas kontainer 1 unit lagi dan 1 unit becak motor untuk mobilisasi transit pengumpulan sampah yang jauh dari kontainer serta penambahan petugas K3.

"Pengadaan tersebut bisa difasilitasi melalui anggaran nagari. Kemudian, setelah kita adakan sosialisasi kepada pengunjung dan pedagang di sekitar lokasi, mereka
sepakat untuk menjaga kebersihan, membuang sampah ke kontainer dan menyediakan tong sampah,” tutupnya. (MG)
 
Top