JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) Tepat Guna Mansiro Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan dinilai tim Provinsi Sumatera Barat, Kamis (27/6).

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Ekobang Edi Susanto dalam sekapur sirihnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus Posyantek Mansiro dan semua pihak yang turut membina posyantek itu.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya mendorong terbentuknya Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna, disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

"Alhamdulillah, sudah ada 7 kecamatan dari 14 kecamatan yang membentuk posyantek. Semisal, Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum, Sungayang, Salimpaung, Lintau Buo Utara dan Batipuh Selatan," katanya, Kamis (27/6) di Batusangkar.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah menyambut baik penilaian tersebut, dengan harapan motivasi dan masyarakat, pengurus dan pembina teknis akan meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Nuryeddisman, Kepala OPD, Forkompinca dan tokoh masyarakat yang juga Dosen Unand Najmuddin M. Rasul dan unsur masyarakat Nagari Guguak Malalo lainnya.

Ketua Posyantek Mansiro Musrianto Dt. Majo Datuk dalam paparannya menyampaikan posyantek ini dibentuk bertujuan untuk menjembatani masyarakat pengguna Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan sumber TTG, sebagai tempat konsultasi layanan serta pendampingan kepada masyarakat.


"Saat ini sudah produksi 60 unit alat di antaranya 5 unit pembersih gulma, 3 unit pengiris umbi,  2 unit spiner dan 50 unit pembersih hama. Juga ada pesanan dalam proses pengerjaan yaitu pengiris bawang 7 unit, spiner 2 unit dan pembersih gulma 5 unit," terangnya.

Tidak itu saja, baru-baru prestasi sudah diraih ungkapnya, salah seorang inovator Posyantek Mansiro Suhainis menjadi juara pertama inovasi TTG tingkat Provinsi dengan produk alat pengiris ubi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Posyantek Berprestasi Suhendrik Anwar mengatakan kemajuan teknologi harus disikapi dengan cepat.

"Lahirkan inovasi teknologi tepat guna yang bisa mendorong majunya usaha masyarakat baik usaha mikro maupun pertanian,” katanya..

Untuk itu, terang Suhendrik Anwar dari unsur Perguruan Tinggi serta anggota lain dari Dinas PMD, Koperindag Provinsi akan menseleksi posyantek untuk dipilih menjadi wakil Sumatera Barat di ajang nasional. (MG)
 
Top