JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat , menyatakan jalan provinsi yang tertimbun longsor di kawasan Tamtaman Kecamatan Palembayan, sudah bisa dilalui kendaraan umum sejak Rabu dini hari, 12 Juni 2019.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Luthfi, saat dihubungi wartawan mengatakan pembersihan material longsoran yang mengakibatkan terputusnya akses jalan Salareh Aia-Palembayan berhasil dibuka kembali sekira pukul 04.00 WIB.

"Alhamdulilah jalan akses jalan provinsi yang tertimbun longsor, subuh tadi berhasil dibuka, saat ini jalanan tersebut sudah bisa ditempuh kendaraan roda maupun roda empat," ujarnya.

Disampaikan, pembersihan material longsoran tersebut dilakukan oleh petugas BPBD Agam  bersama TNI/Polri serta warga setempat dengan menggunakan dua unit alat berat provinsi.

"Ada tiga titik longsor di Jorong Tamtaman. Semuanya sudah dibersihkan dengan menggunakan dua alat berat provinsi," kata Luthfi

Meski sudah bisa dilalui, BPBD Agam mengimbau warga dan pengendara tetap waspada melintasi jalan tersebut. Hujan yang masih mengguyur kawasan tersebut berpotensi menimbulkan longsor susulan.

"Karena intensitas hujan masih tinggi dan berkemungkinan terjadi longsor kembali, alat berat tetap disiagakan dikawasan itu," ujarnya.

Tingginya intensitas curah hujan di sebagian wilayah Kabupaten Agam sejak kemarin siang, Selasa (11/6/2019) mengakibatkan sejumlah kecamatan alami musibah longsor dan banjir. Walau demikian bencana banjir dan longsor tersebut tidak memakan korban jiwa. (Pandu)
 
Top