JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian , SH, MH membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bersama Tokoh Masyarakat,  Jumat (04/11) di GOR Jorong Bulu Kasok Nagari Tabek Kecamatan Pariangan.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama kemitraan antara BB POM Padang bersama anggota DPR RI Komisi IX dan Pemkab Tanah Datar ini dihadiri langsung oleh anggota DPR RI Komisi IX Darul Siska, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, Kepala BP POM Padang Abdul Rahim, Camat Pariangan Yatriwel beserta Forkompimca Kecamatan Pariangan, Wali Nagari Tabek, Ketua KAN, BPRN, tokoh masyarakat.

Kepala BB POM Padang Abdul Rahim menyampaikan  bahwa dalam melaksanakan tupoksinya BB POM bertugas mengawasi segala produk obat-obatan, kosmetik dan makanan.

"BB POM dan BPOM memiliki  tupoksi berbeda, tugas dan fungsi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BB POM adalah menyusun rencana dan program di bidang pengawasan obat dan makanan, pemeriksaan sarana/fasilitas produksi obat dan makanan, pemeriksaan sarana/fasilitas distribusi obat dan Makanan dan/atau sarana/fasilitas pelayanan kefarmasian," ujarnya.

Kepada masyarakat Abdul Rahim juga berpesan agar setiap membeli produk harus ditanya dulu ada BPOM nya atau tidak dan cek produk dengan memadukan nama produknya.

Sementara anggota DPR RI Darul Siska menyampaikan bahwa komisi IX menaungi bidang kesehatan. Untuk itu kewajibannya menyampaikan edukasi tentang bidang kesehatan kepada masyarakat .

"Kami memiliki program untuk dijual kembangkan melalui dana pokok pikiran, apabila masyarakat memiliki suatu program atau kegiatan. Kami dari DPR RI bisa memberikan bantuan melalui pokok pikiran atau pokir kami," jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Richi Aprian, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota komisi IX DPR RI Darul Siska yang telah memilih Tanah Datar khususnya Nagari Tabek sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan kegiatan memberdayaan masyarakat melalui Informasi dan Edukasi.

"Terima kasih juga kepada kepala BB POM serta para tokoh masyarakat Tanah Datar yang secara tidak langsung telah memberikan dukungan kegiatan sosialisasi produk kecantikan, obat obatan dan makanan sehat serta menyehatkan," sampai Wabup.

Untuk itu, Wabup Richi berharap dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini bisa bermanfaat dan mengedukasi masyarakat terutama dalam memilih obat dan makanan yang sekaligus bisa menghindarkan dari bahaya yang bisa mengganggu kesehatan.

"Saya berharap para peserta serius dalam mengikuti acara ini agar mampu memahami dan merubah mindset para pengguna kosmetik terutama remaja putri bahwa cantik itu tidak harus putih, tinggi dan langsing. Masyarakat harus lebih memahami bahwa cantik secara sehat itu seperti apa," tukasnya. MG)
 
Top