JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan bantuan kewirausahaan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Sentra Mulya Jaya, Jumat sore (11/11/2022), kemarin di gedung Indojolito Batusangkar.

Tampak hadir, Kepala Sentra Mulya Jaya Adrianus, Kasubag Tata Usaha Yulianti Muhtar dan Bendahara Rieke Julianitha, Kepala Dinas Sosial PPA Tanah Datar Afrizon dan undangan penerima manfaat.

Bantuan kewirausahaan dibagikan kepada  tiga kategori penerima yaitu disabilitas, lansia dan kewirausahaan dengan total bantuan sebesar Rp.183.215.430.

"Ini sangat membantu kami pemerintah Tanah Datar, dimana dari 380 ribu lebih jumlah penduduknya tentu tidak semua bisa terbantu melalui program unggulan, karena keterbatasan anggaran sehingga tidak tercukupi semua," kata Eka.

Dikatakan, bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat bagi masyarakat penerima manfaat. "Mudah-mudahan ke depannya Kemensos RI tetap membantu  masyarakat Tanah Datar," harapnya.

Kepada para penerima manfaat, Eka Putra juga diharapkan bisa dimanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin dan hendaknya bisa lebih giat lagi dalam mengembangkan usahanya.

“Terus berusaha, pantang menyerah, meningkatkan perekonomian. Semoga dengan ikhtiar dan doa, kehidupan bisa lebih baik, karena yang bisa mengubah adalah diri kita sendiri, memang dengan kondisi sulit ini kita dituntut untuk lebih bekerja keras,” sampainya.

Ia berterima kasih kepada petugas yang telah turun ke lapangan untuk memverifikasi penerima bantuan becak motor, mesin jahit, kursi roda, anak ayam, perlengkapan sekolah, alat dengar dan alat cukur sesuai kebutuhan.

Kepala Balai Karya Mulya Jaya Adrianus juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyambut baik program bantuan kewirausahaan ini.

"Terima kasih bapak Bupati telah mendukung program Kemensos, semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian khususnya bagi keluarga penerima manfaat," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial PPA Afrizon, sampaikan bantuan yang diserahkan merupakan bantuan dari Kemensos RI melalui program Atensi Sentra Mulya Jaya untuk lansia, disabilitas dan wirausahawan sebanyak 92 penerima se Tanah Datar.

Afrizon menyebutkan, masih ada bantuan tahap selanjutnya Kemensos yang akan disalurkan yaitu bantuan alat dengar, 6 unit motor roda tiga yang sudah dirakit yang telah di verifikasi oleh petugas Sosial di lapangan.

Afrizon juga ungkapkan, Dinas Sosial melalui petugas dilapangan telah mendata sebanyak 4.368 KPM di kabupaten Tanah Datar sesuai kebutuhan, untuk itu pihaknya berharap kepada Kementerian Sosial RI untuk melanjutkan program ini. (MG)
 
Top