JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika gelar Sosialisasi Perancang Arsitektur Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE ). Sosialisasi dibuka langsung oleh Asisten III Raf'an didampingi Kepala Diskominfo Pasbar Edy Murdani, Kabid Layanan E-Goverment Sunarto, Kabid Informasi Komunikasi Publik Yudhinal Reviola, dan dihadiri oleh Kepala OPD, serta stakeholder terkait lainnya, Kamis (17/11/2022), kemarin di Auditorium Kantor Bupati setempat.

Bupati Pasaman Barat melalui Asisten III Raf'an menyampaikan bahwa SPBE yang luncurkan oleh Diskominfo itu, bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Untuk itu, semua sektor diminta untuk mendukung dan memahami pentingnya SPBE ini, guna mendukung pembangunan di Kabupaten Pasaman Barat.

"Pengembangan SPBE akan meningkatkan kualitas layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik agar lebih sistematis, sederhana dan terpadu," ucap Raf'an.

Ia berharap melalui perancang arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE di Kabupaten Pasaman Barat, dapat menghasilkan layanan pemerintah yang terintegrasi secara nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Pasbar Edy Murdani didampingi Kepala Bidang Layanan E-goverment, Sunarto menjelaskan bahwa Arsitektur SPBE dan Peta Rencana SPBE ini nantinya akan membantu pengembangan layanan pemerintah yang terpadu dan sederhana serta dapat menjadi referensi dalam pembangunan.

"Diskominfo Pasaman Barat sebelumnya sudah melakukan Mapping untuk pembuatan arsitektur SPBE Pasaman Barat, karena tahun ini baru disusun arsitektur SPBE. Untuk tahun depan diharapkan bisa dilengkapi dengan peta rencana SPBE dan Smart City guna mewujudkan Smart Government," jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh OPD yang hadir agar mempersiapkan data arsitektur yang dibutuhkan, karena arsitektur SPBE  merupakan tanggung jawab bersama seluruh OPD di Kabupaten Pasaman Barat.

Ia berharap kedepan rencana mewujudkan Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat yang Smart Government dapat segera terwujud. (WZ-MG)
 
Top