JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH  resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tanah Datar masa bakti 2022-2026 oleh Ketua KORMI Sumatera Barat Aristo Munandar.

Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tanah Datar masa bakti 2022-2026 yang dihadiri segenap pengurus KORMI Sumbar, Forkopimda Tanah Datar, anggota DPRD,  OPD, Ketua LKAAM Tanah Datar, Pimpinan BUMN dan BUMD dan undangan lainnya itu sendiri dilaksanakan, Minggu (27/11/2022) di halaman depan sekretariat KORMI Tanah Datar Di Jalan Sutoyo kota Batusangkar.

Usai pelantikan, Ketua KORMI Sumbar Aristo Munandar menyampaikan ucapan selamat kepada ketua dan segenap pengurus KORMI Tanah Datar dengan harapan KORMI Tanah Datar dapat mengembangkan dan menggali budaya yang telah ada sejak turun temurun sejak dahulu dahulunya.

"Saya melihat Tanah Datar sangat spesifik, pelantikan hari ini memang dilapangan terbuka tetapi kita mendapati berbagai olahraga tradisional. Hal ini menjadi menarik, karena ini memang Luhak nan Tuo dengan sejarahnya yang cukup panjang tentu banyak nilai-nilai budaya yang ada dan mungkin karena kemajuan zaman mulai tertinggal dan terabaikan," ujar Aristo Munandar.

Namun demikian tambahnya, dengan telah dilantiknya KORMI Tanah Datar hari ini diharapkan ini akan kembali muncul dan menggeliat di tengah-tengah masyarakat.

"Saya yakin dengan komitmen ketua dan segenap pengurus KORMI Tanah Datar, olahraga tradisional di Tanah Datar akan kembali muncul. Inilah yang dibutuhkan bangsa, sebab budaya daerah akan memperkaya budaya-budaya tersebut," tambahnya.

Wakil Bupati Richi Aprian yang terpilih sebagai ketua KORMI Tanah Datar, mengatakan bahwa kehadiran KORMI berbeda dengan komite olahraga lainnya yang ada di Indonesia.

"KORMI ini lebih kepada bagaimana kami seluruh pengurus akan mengingatkan lagi kepada masyarakat, bahwa sebagai Luhak nan Tuo tentu banyak permainan-permainan tradisional dan juga olahraga tradisional yang sebenarnya bisa dimainkan oleh anak-anak kita sekarang. Ini salah satu harapan kami untuk mengalihkan, kalau kita memberhentikan semua anak-anak untuk bermain handphone sepertinya tidak mungkin, tapi bagaimana kita mengalihkan bahwa ada permainan-permainan tradisional yang kita sudah punya dan banyak sekali seperti tadi ada permainan cakbur, congklak, catur harimau, catur 18, catur 9 dan masih banyak lagi dan sebenarnya itu permainan-permainan zaman dulu yang kita miliki," terang Richi Aprian.

Wabup Richi juga sampaikan KORMI Tanah Datar siap mensosialisasikan permainan-permainan ini kembali ke sekolah sekolah baik itu pada tingkat dasar dan sekolah menengah pertama.

"Jadi harapan kita mudah-mudahan ke depannya ada seolah-olah seperti olimpiade. Seperti Olimpiade main cakbur, dan Olimpiade permainan-permainan tradisional lainnya. Dengan harapan ini bisa menyalurkan semangat dan energi yang luar biasa dari anak-anak kita nantinya," tambahnya.

Ia berharap, dengan hadirnya KORMI di Tanah Datar akan mampu menghimpun semua olahraga-olahraga tradisional dan kegiatan kemasyarakatan yang bisa sama-sama dikembangkan lagi di Tanah Datar.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pertandingan eksebisi permainan cakbur antara Pengurus KORMI Tanah Datar dengan karyawan bank BRI cabang Batusangkar. (MG)
 
Top