JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Upaya Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mensejahterakan masyarakat terus dilakukan, berbagai inovasi dan Program Unggulan (Progul) dilahirkan seperti satu rumah satu hafiz/hafizah, satu nagari satu event, bajak gratis, pupuk bersubsidi, asuransi tani dan ternak, perbaikan jaringan irigasi, menberantas rentenir, menciptakan lapangan kerja dan lainnya.

Guna memastikan program tersebut tepat sasaran dan maanfaatnya betul-betul dirasakan masyarakat, Bupati Eka Putra, SE, MM didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, SH, Beberapa Kepala OPD dan Pejabat lainnya di jajaran Pemkab Tanah Datar melakukan monitoring dan evaluasi ke-kecamatan-kecamatan seperti di Kecamatan Tanjung Emas, Selasa (29/11/2022).

Dikatakan Bupati Eka Putra Kecamatan Tanjung Emas merupakan sentral dari Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar dari itu banyak event yang digelar seperti ajang tingkat Sumatera Barat Uda-Uni di Istano Basa Pagaryung, Waqaf 1000 Hafizh, Festival Pesona Minangkabau, dan Desember ini juga akan digelar Kongres Bundo Kanduang se-Dunia, Tuan Rumah MTQ Tingkat Kabupaten Tanah, Penilaian PKK Tingkat Sumatera Barat dan juga lokasi alek pacu kudo.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pemerintahan kecamatan, nagari dan juga masyarakat yang telah mendukung dan menyukseskan event-event daerah serta progul yang bertujuan mensejahterakan masyarakat, dari itu kami turun monitoring dan evaluasi sembari bersilaturrami,” ucapnya.

Bupati Eka Putra juga menambahkan, jika Tanah Datar tahun 2022 ini juga meraih Penghargaan TPID Award karena berhasil dalam pengendalian inflasi daerah, serta WTP 10 kali berturut-turut karena berhasil dalam penyelenggaraan keuangan serta terbaik Nasional ADWI 2022 dibidang pariwisata.

“Dibidang perekonomian keberhasilan melewati masa sulit saat pandemi covid-19 pemerintah daerah terus berupaya ke Pemerintah Pusat agar pembangunan daerah terus berlanjut dan Tanah Datar berhasil mendapatkan tambahan suntikan DAK sebesar Rp31 miliar,” sebut Eka Putra.

Ia meminta pada masyarakat yang hadir dari berbagai lembaga dan unsur untuk terus mendukung penuh pemerintah daerah serta bersama-sama mewujudkan visi, misi dan program unggulan yang telah disusun itu.

Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris menyampaikan jika segenap masyarakat Kecamatan Tanjung Emas siap mendukung program pemerintah dan mengatakan kecamatan Tanjung Emas juga memiliki potensi yang bisa diangkat seperti pariwisatanya, selain Istano Basa Pagaruyung, masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan.

“Terkait asuransi ternak Kecamatan Tanjung Emas termasuk yang terbanyak mendapatkan manfaat, dari itu kami mengucapkan terima kasih pada pemerintah daerah,” ucapnya.

Ketua KAN Nagari Saruaso yang juga pengurus LKAAM Kecamatan Tanjung Emas Asriwan Dt. Pangulu Rajo, S.PD mengatakan siap mendukung program dan kegiatan baik dari kabupaten, kecamatan dan juga Nagari.

Terkait pembinaan anak kemenakan, kegiatan adat dan budaya yang harus terus dijaga Ia minta perhatian dari pemerintah mengingat anggaran untuk operasional LKAAM ini sangat minim sekali sehingga penyelesaian masalah jadi terkendala. (MG)
 
Top