JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia dilingkungan aparatur pemerintahan daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau. Perjanjian kerjasama yang diberi nama Si-Japri (Sistem informasi jabatan Provinsi Riau) itu ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama Gubernur Provinsi Riau Syamsuar didampingi Kepala BKPSDM Jasrinaldi, Kabag Organisasi Irsyad,  Selasa (15/11/2022), kemarin di gedung Balai Serendit Gubernuran Riau.

"Kami atas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah berkenan menerima kedatangan Kami dan berkenan melakukan kesepakatan bersama antar daerah," kata Bupati Eka Putra.

Diungkapkan, kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya aparatur atau pegawai yang ada secara efektif dan efisien guna meningkatkan kemampuan kinerja aparatur daerah dalam mengemban tugas fungsi dan misi untuk mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Sebelumnya, Pemerintah Tanah Datar telah melakukan kerjasama dalam menentukan jabatan eselon melalui asesmen, itupun sudah menjadi hal yang utama sebelum menduduki eselon di lingkungan pemerintahan Tanah Datar," ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar sangat senang dengan terjalinnya kerjasama ini yang sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah Dengan Daerah Lain.

"Membangun bangsa dan negara ini tidak bisa sendiri-sendiri, kami disini juga melakukan kerjasama antar propinsi untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat melalui pelayanan yang efektif dan efesien," katanya.

Sehubungan kerjasama yang dilakukan, Syamsuar jelaskan, inovasi yang dilakukan Pemerintahan Provinsi Riau melalui aplikasi Si-Japri bertujuan untuk mewujudkan organisasi pemerintahan yang tepat fungsi, tepat proses dan terukur.

"Semoga inovasi yang telah dilakukan Provinsi Riau bermanfaat dalam pembuatan peta jabatan, menentukan kebutuhan pegawai dan evaluasi jabatan secara elektronik yang ada di Kabupaten Tanah Datar," harapnya.

Dikesempatan yang sama Provinsi Riau juga di lakukan penandatanganan naskah kerjasama dengan Kabupaten Sanggau dari Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Limapuluh Kota. (MG)
 
Top