JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Menjemput aspirasi masyarakat terhadap berbagai permasalahan dan hambatan dalam melaksanakan Program Unggulan (Progul) dan berbagai pelaksanaan program strategis lainnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra melakukan audiensi bersama masyarakat Kecamatan Rambatan Senin, (28/11/2022) di aula kantor Camat Rambatan.

Ia didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kadis PMDPPKB Nofenril, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kabag POD Abdurahman Hadi, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Camat Rambatan Ikrar Pahlepi, Irban dari Inspektorat, Wali Nagari, Wali Jorong, tokoh masyarakat se Kecamatan Rambatan dan undangan lainnya.

"Progul di bidang keagamaan yakni Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah sudah berjalan baik, dan apresiasi khusus diberikan karena kecamatan Rambatan yang menjadi kecamatan terbanyak stiker di rumah hafiz/hafizah. Bahkan Nagari Balimbiang juga sudah di launching menjadi Nagari Tahfizh, sebagai wujud dalam mendukung pelaksanaan program ini," kata Eka.

Ditambahkan, juga ada Progul Bajak Gratis yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang menggratiskan dari Alat mesin pertanian (Alsintan), biaya operator, dan BBM, namun tentunya ada kriteria dan syarat yang harus dipenuhi.

"Dari 4.200 hektar lahan pertanian yang ditargetkan tahun 2022 ini, telah terealisasi 3720,22 hektar atau 88,58% dengan total permohonan sebayak 7.263 buah. Tentunya, sebagai program baru capaian sampai hari ini cukup baik. Karena masih ada sisa waktu untuk mencapai 100% realisasinya, Saya harap semua masyarakat Tanah Datar khusunya petani untuk memanfaatkan Progul ini, karena ini membantu meringankan biaya operasional masyarakat dalam bertani," terangnya.

Selanjutnya Bupati Eka juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Progul Satu Nagari Satu Event, dan Progul lainnya, termasuk berbagai langkah strategis dalam mendukung pengendalian inflasi daerah dengan meningkatkan hasil pertanian, seperi cabai, tomat, jagung dan lain sebagainya.

"Insya Allah, Progul Satu Nagari Satu Event yang tahun 2022 dilaksanakan di 14 Nagari di 14 Kecamatan, tahun 2023 akan tetap dilanjutkan, karena Progul ini disamping mampu memberikan dampak ekonomi masyarakat, juga membangkitkan adat budaya ataupun kuliner yang lama namun jarang dilakukan, kembali dilaksanakan," ujar Eka.

Sementara itu Camat Rambatan Ikrar Pahlepi atas nama masyarakat Rambatan menyampaikan akan terus mendukung dan melaksanakan Progul Tanah Datar.

"Progul Tanah Datar seperti Bajak Gratis, Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, Satu Nagari Satu Event dan lainnya, sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, karena itu atas nama masyarakat Rambatan dan Pemerintah Kecamatan Rambatan, kami akan terus mendukung pelaksanaan Progul di wilayah Kecamatan Rambatan khususnya dan Tanah Datar umumnya," sampainya.

Sebelumnya, Bupati Eka Putra juga menyempatkan diri untuk meninjau aktivitas pelayanan, kondisi saranan dan prasarana Puskesmas Rambatan. (MG)
 
Top