JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyalurkan 9 ekor sapi kurban pada Idul Adha pada tahun 1441 H/ 2020 M ini. 9 ekor sapi tersebut berasal dari OPD-OPD, serta berbagai perusahaan yang ada di Solok Selatan.

Sejumlah perusahaan yang turut menyalurkan hewan kurbannya kepada masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten yakni PT. Supreme Energy, PTPN VI, TKA, BPSJ, Kencana Sawit Indonesia, serta PT. SJAL

Penyerahan hewan kurban dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan Yulian Efi kepada masyarakat penerima di halaman Kantor Bupati setempat, Rabu 29/7/20. Turut hadir dalam penyerahan tersebut Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda.

Dalam arahannya, Sekdakab Yulian Efi menyampaikan pesan agar hewan-hewan kurban tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar tempat pemotongan.

Kemudian terkait hari pemotongan, Sekdakab menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada para pengurus.

Ia juga mengimbau panitia kurban dalam menyembelih hewan kurban sesuai syariat agama agar lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Selanjutnya, Kabag Kesra Zuardi mengatakan bahwa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini dikarenakan berbagai pertimbangan, Pemkab tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman kantor bupati, dan semua hewan kurban disalurkan langsung ke masyarakat.

Pada tahun ini menurutnya penyebaran hewan kurban juga difokuskan kepada Rumah Ibadah yang berada di sekitar Kantor Bupati, Panti Asuhan, Pondok Pesantren, serta Lembaga Pemasyarakatan, Yakni Mushalla Nurul Ikhlas Sungai Rambutan, Mushalla Raudhatul Jannah Lekok, Masjid Nurul Bhakti Timbulun, Masjid Khairul Hidayah Koto Tinggi, Panti Asuhan Babul Jannah Sungai Lambai, Panti Asuhan Muhammadiyah di Muara Labuh, Masjid Nurul Iman Bukit Patanahan, Lembaga Pemasyarakatan, serta Pondok Pesantren Darusshaleh Pekonina.

"Dan semua hewan kurban tersebut dibagikan langsung kepada masyarakat untuk disembelih di tempat masing-masing. Biasanya kita sebar ke berbagai kecamatan, namun tahun ini sedikit berbeda dimana kita bagikan kepada rumah ibadah sekitar Kantor Bupati, Ponpes, Panti Asuhan, dan juga Lembaga Pemasyarakatan," ujarnya.

Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman dalam arahannya sebagaimana yang disampaikan Kabag Kesra mengatakan agar masyarakat penerima kurban dapat memanfaatkan hewan kurban tersebut sebaik mungkin.

Selaku pimpinan daerah, ia juga mengucapkan terima kasihnya yang mendalam kepada seluruh perusahaan yang telah berkontribusi ikut berbagi pada hari raya idul adha kali ini.

Nasrizal, pengurus masjid Nurul Bhakti Timbulun menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka untuk turut menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat

"Terima kasih, semoga pihak-pihak yang telah berkurban tersebut senantiasa diberikan kesehatan, keimanan, dan juga kelebihan rezekinya hendaknya," ungkapnya.

* ril/man *
 
Top