JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Duduk bersama mencari solusi antara kontraktor pemenang tender dengan masyarakat yang terjatah dalam Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) di nagari Koto Baru kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan berjalan alot.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar selaku yang memediasi pada dialog tersebut, Kamis, 2/7/2020 di Wisma Umy Kalsum Muaralabuh.

Dalam pertemuan tersebut berbagai keluhan dan kegelisahan telah dimediasi Gatot Joko Sungkowo selaku Kasi Pembangunan Balai Permukiman Wilayah Sumbar.

Asisten III Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan Amdani menyebut, dalam kegiatan sebuah pembangunan di suatu daerah pemerintah daerah setempat punya kewajiban dan mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan.

Untuk itu dengan telah berjalan nya kegiatan Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang tentu Pemda punya kewajiban membantu menyelesaikan kalau ada permasalahan. Apalagi sekarang, kalau memang ada kendala yang dialami dalam pelaksanaan Revitalisasi.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup Amri Bakri, mengatakan pihak Perusahaan (rekanan) seharusnya selalu memberikan laporan pekerjaan pada Pemerintah setempat, sekalipun ini kewenangan Balai Permukiman Wilayah Sumbar.

Kalau sudah begini, telah terjadi permasalahan jangan jangan nanti Pemda Solok Selatan yang di salahkan oleh masyarakat yang terjatah dalam Revitalisasi Seribu Rumah Gadang.

Ketua KAN Koto Baru Jalaluddin Dt Lelo Dirajo,dari awal sebelum berjalannya kegiatan Revitalisasi     pihak perusahaan telah ada kesepakatan dengan melibatkan masyarakat, Ninik mamak, serta pemangku kepentingan yang di nyatakan dengan sebuah perjanjian dan perjanjian itu setujui perusahaan (rekanan) atas nama "Saudi".

"Namun perjanjian tinggal perjanjian kegiatan berjalan kami
tidak pernah dilibatkan lagi, sebut 'Dt Lelo Dirajo'.

Jalaludin Dt Lelo Dirajo sangat kecewa, dengan pemakaian bahan, seperti kayu untuk sebuah rumah gadang, kayu yang dipakai nampaknya sembarang kayu bukan kayu yang kwalitas baik.

Untuk selanjutnya pihaknya apabila dilibatkan akan siap membantu seandainya ada permasalahan berikutnya dilapangan, karena dengan selesainya Revitalisasi ini manfaatnya untuk anak kemana  kan kami juga.


* dirman *
 
Top