JA.com, Lubuk Basung (Sumatera Barat)--Ratusan perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Srikandi Manggopoh (IKSM) yang pulang basamo, disambut khusus Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto Dt. Maruhun, Kemarin, Sabtu (8/6) di Medan Nan Bapaneh, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung.

Berbagai atraksi tari dan kesenian anak nagari mewarnai penyambutan para perantau. Hadir juga Camat Lubuk Basung, Kabag Kesra Syatria, Wali Nagari Manggopoh Ridwan, tokoh masyarakat, bundo kanduang, anak nagari dan ratusan perantau Manggopoh.

Diiringi tari pasambahan, tambua tansa, dan siriah carano, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto Dt. Maruhun menyambut kedatangan para perantau Manggopoh.

Sekda mengaku sangat terkesan dengan kegiatan yang digelar para perantau Manggopoh tersebut.

“Kita telah mengetahui orang Manggopoh di perantauan memiliki komitmen untuak ‘ba baliak ka kampuang h├álaman’,” terang Sekda.

Sementara itu, Ketua Panitia, Edi Busti mengatakan, kegiatan ini sama dengan tahun lalu dalam rangka untuk bersilahturahmi dengan anak Nagari Manggopoh.

“Selama di kampung halaman kami telah mengelar berbagai kegiatan, seperti, malam kesenian, galatawa, halal bi halal dan lainnya,” jelas Edi Busti.

Kesempatan yang sama, Ketua Perantau IKSK, Tiyo mengatakan, perantau pulang basamo ini merupakan gabungan berbagai daerah di Indonesia. Harapnya momen ini dapat memperkuat jalinan silahturahmi dengan anak nagari.

"Kami mengucapkan terima kasih pada panitia telah menyambut kami dengan hidangan dan berbagai atraksi yang luar biasa,” tutur Ketua IKSM.

Gabungan IKSM ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti, Bogor, Jakarta, Riau, Palembang, Jambi, Medan, Lampung, dan Padang. (Pandu)
 
Top