JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Hasil pemeriksaan  Laboraturium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Pagi ini ditemukan sembilan warga Solok Selatan terkonfirmasi Covid-19.

"Pagi ini saya menerima laporan hasil Lab dari Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, bahwa dari 45 sample yang diperiksa, terkonfirmasi 9 orang positif terinfeksi Covid-19 di Solok Selatan," kata Pjs Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal Selasa, (20/10/2020).

Menurut Jasman, Pemkab Solok Selatan telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan Tracking dan Tracing memyeluruh kepada kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Ini dilakukan, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Semakin banyak sampel yang di uji dan semakin banyak diketahui. Artinya semakin mudah mengendalikannya.

"Jangan cemas dan panik atas temuan ini. Dengan temuan ini, artinya kita bisa lakukan isolasi dan penaganan secara cepat. Bayangkan kalau tidak lakukan test PCR ini, mereka yang positif akan terus kemana-kemana berinteraksi dengan warga lainnya dan berpotensi besar menginfeksi orang lain," jelasnya.

Dijadwalkan, setelah ini juga akan dilakukan uji sampel Swab dalam jumlah banyak terhadap unsur-unsur lainnya. Seperti, ASN, perangkat nagari dan kecamatan serta masyarakat. Agar penyebaran Covid-19 bisa diputus secara dini.

"Semoga kita tetap sehat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga jarak dan pakai masker. Karena kita tidak tahu siapa diantara kita yang telah terinfeksi. Karena hampir 90 sampai 95 persen, yang telah terinfeksi adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Nah, utk mengetahuinya, satu2nya jalan adalah dengan PCR test dengan Swab," tegasnya.

Dari data Dinas Kesehatan Solok Selatan, 9 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut merupakan guru-guru 8 orang dan 1 orang pengawas sekolah.

Sembilan orang tersebut adalah 1 orang Guru SMA, 4 orang guru SMP, 3 orang guru SD, dan 1 orang pengawas sekolah.

Asal pengiriman sampel dari puskesmas Bidar alam sebanyak 6 orang, Puskesmas Pakan Salasa 2 orang, dan Puskesmas Lubuk Gadang 1 orang.


* dirman *

 
Top