JA.com, Pasaman (Sumatera Barat)---Perum Bulog Bukittinggi wilayah Pasaman siap mendistribusikan bantuan beras yang di peruntukan bagi KPM ( Keluarga Penerima Manfaat) bantuan sembako wilayah Pasaman, beras ini  akan disalurkan Bulog kepada agen penyalur sembako (E-Warung). 

Dalam Pantauan awak media dilapangan, sebelum beras dikemas dan diantarkan,  pihak bulog terlebih dahulu melakukan uji kualitas dan kelayakan sesuai dengan ketentuan dan aturan tentang jenis beras yang akan di salurkan.

Uji kelayakan dilakukan di Gudang Bulog batung baririk Lubuk Sikaping dan langsung di saksikan oleh Waka Polres Pasaman Ahmad Yani, Kasi Penanganan fakir miskin Dinsos Pasaman Widia Y, Katinda Wijaya Perwakilan Bulog Bukittinggi, Awak Media, dan beberapa masyarakat setempat (25/10/2020).

Pengujian beras dilakukan oleh tim penguji yang berkompeten dibidangnya, yang mengedepankan tentang kualitas beras seperti persentasi patahan, kebersihan beras, dan beberapa item lainnya.

Pada kesempatan ini Kepala cabang perum bolog Bukitinggi "MHD Fakhri Firdaus melalui perwakilannya Katinda Wijaya  juga mengimbau kepada seluruh petugas Bulog  dan Hueler yang menjadi mitra bagi perum bolog dalam pengadaan beras sembako ini agar memenuhi standar beras yang sudah ditentukan.

Katinda Wijaya selaku perwakilan Bulog Bukittinggi biasa di panggil Pak Jay mengatakan, pihak Bulog akan lebih selektif dan teliti dalam menyediakan beras bantuan sembako karena pihak Bulog memanfaatkan kilangan-kilangan padi yang ada di Pasaman sebagai suplier beras bantuan tersebut.

"Kita sebagai Penyedia berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan Beras dengan kualitas terbaik bagi masyarakat Pasaman dan kita berpedoman pada Permentan no 31 tentang kualitas beras, apalagi Pasaman yang cukup unik dengan selera, sebagian masyarakat cenderung lebih suka beras pulen dan sebagian lagi identik lebih suka dengan beras pera" ujarnya.

" Untuk kesiapan penyaluran bulan ini, kita sudah ready dengan ketersediaan beras yang ada, karung-karung beras kita pun sudah berlogo perum bulog dan kitapun siap melakukan penggantian beras jika ditemukan beras yang rusak ataupun jelek, ketika diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM) " ungkap Jay dengan nada serius.

Waka Polres Pasaman Ahmad Yani, ketika menyaksikan uji timbang beras mengatakan, Beras yang akan di salurkan ini sudah bagus menurutnya, 

"kita pribadi juga mau kok mengkonsumsi beras kalau kualitas seperti ini" kata Waka.

Pada kesempatan yang sama Kasi penanganan kemiskinan Dinsos Pasaman Widia Y juga angkat bicara" Berasnya bagus sesuai dengan yang kita saksikan bersama" ucap Kasi dengan nada singkat dan jelas.

Kepala gudang bulog Lubuk Sikaping Nursi juga mengungkapkan kesiapannya untuk memastikan kesediaan beras untuk bantuan sembako walaupun akhir-akhir ini ia sempat kelelahan untuk pengadaan bantuan sosial beras (BSB).

"InsyaAllah saya selaku kepala gudang siap untuk bekerja maksimal agar pengadaan beras untuk sembako dapat tersediakan dengan baik walaupun akhir- akhir ini saya sempat kelelahan karena kurang tidur karena BGR selaku penyalur Bantuan sosial beras sering melakukan muat dimalam hari,"ungkapnya.


* Riskal* 

 
Top