JA. com, Padang (Sumatera Barat)-- Pasca pekerjaan yang telah Privisional Hand Over (PHO) pada Dinas PUPR Kota Padang beberapa waktu lalu. Namun bendungan aliran sungai di Kelurahan Limau Manis rusak berat, disinyalir pembangunannya  tidak sesuai bestek yang telah ditentukan. 

Hal ini terlihat adanya kerusakan di dinding penguat tebing pada item pekerjaan bronjong. Sehingga masyarakat yang tinggal disekitar aliran sungai merasa kawatir akan terjadi robohnya penguat tebing tersebut. 

Pekerjaan Rehabilitasi bendung aliran Paket 2 bernomor kontrak 101/KONT-SDA/APBD/PUPR/2020, dengan waktu pelaksanaan selama 150 hari kalender, yang dikerjakan CV. Serasi Bersama (CV.SB) dani konsultan pengawas oleh PT. Wandra Cipta Engineering Consultan. Dalam pekerjaan ini diduga kuat tidak sesuai spesifikasi teknis.

Karena dari hasil tinjauan jurnalandalas. com kelokasi, banyaknya ditemukan dinding penguat tebing yang rusak. Padahal pekerjaan bendungan tersebut telah habiskan uang negara sebesar Rp 3.242.095.704,28 dengan sumber dana APBD kota Padang tahun anggaran 2020.

Dalam informasi masyarakat yang dihimpun, menduga bendungan tersebut tidak akan dapat bertahan lama, dengan keadaan bronjong yang bergelantungan dan dikhawatirkan akan menjadi penyebab petaka bagi masyarakat yang menggunakan air sungai," ungkap warga yang rumahnya tepat dipinggir sungai, Selasa (06/10/2020). 

Dari kondisi di lapangan, terlihat bronjong hancur diduga karena kawat bronjong yang digunakan oleh CV.SB tidak sesuai dengan spek yang ada didokumen. Sementara fisik bangunan pekerjaan belum cukup satu tahun." terangnya. 

Tambahnya, material batu untuk bronjong yang digunakan oleh CV. SB  diduga kuat memakai batu-batuan yang ada di sungai setempat. Kemudian ukuran diameter batu yang dipakai itu melebihi dari ukuran ketentuan speks yang ada dalam dokumen, pungkasnya. 

Sementara dokumen menerangkan kawat bronjong yang digunakan galvanis untuk kawat anyaman diameter 3mm, kawat sisi diameter 4mm, dan kawat pengikat diameter 2mm. Meterial batu yang digunakan untuk bronjong tidak lebih diameter sisi 30cm. 

Hingga berita ini diterbitkan, media masih upaya konfirmasi PPK Fadelan Fista Masta sebagaj Kabid SDA padang.



* micke *

 
Top