JA.com, PASAMAN, (Sumatera Barat)--Memasuki hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2020, Satlantas Polres Pasaman sudah melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas,hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Pasaman AKP B.MENDROFA,SH saat dikonfirmasi awak media.

"Sampai hari ke tiga ini kita mengeluarkan jumlah tilang sekitar 30 lembar tilang terhadap pelanggaran lalu lintas, sedangkan untuk teguran sudah diterbitkan sebanyak 60 lembar tilang. Dari hasil evaluasi didapati bahwa jenis pelanggaran yang mendominasi adalah tidak menggunakan Helm SNI, Over Load dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi ( SIM ),"ungkapnya.(28/10/20)

Kasat lantas juga menjelaskan bahwa target dari operasi ini adalah untuk menciptakan keamanan dan kesadaran berlalulintas serta mematuhi protokol kesehatan covid-19. 

"Kegiatan Operasi Zebra Singgalang 2020 ini kita gelar secara serentak mulai tanggal 26 Oktober 2020 hingga 8 November 2020, dengan target yakni untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di Kabupaten Pasaman, serta tetap memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mempedomani Protokol Kesehatan Covid 19 dengan cara menggunakan masker saat berpergian, menjaga jarak dan mencuci tangan selesai beraktifitas.

Ia menambahkan bahwa Sasaran dalam operasi adalah seluruh pengemudi/pengendara kendaraan bermotor, surat surat kendaraan, fisik kendaraan bermotor serta dimensi dan jumlah muatan ( bagi kendaraan angkutan barang).

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa selama 3 hari pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2020 angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Pasaman menurun, terbukti dengan tidak adanya kasus laka lantas sampai saat ini, dan ia berharap agar selama operasi ini angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dapat ditekan dan diminimalisir.

Selama masa Operasi Zebra Singgalang 2020 ini Satlantas Polres Pasaman juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti pengamanan jalur dalam rangka antisipasi libur panjang dan pengamanan rangkaian Pilkada seperti pengawalan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang melaksanakan kampanye. 

Pada kesempatan ini Kasat lantas Polres Pasaman Juga Kembali menghimbau kepada semua pengguna jalan khususnya pengendara/ pengemudi kendaraan bermotor agar selalu mematuhi aturan berlalulintas, lengkapi fisik dan surat surat kendaraan anda serta gunakan masker saat melakukan perjalanan.

"Mari kita ciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif di Kab. Pasaman bukan saja selama kegiatan Operasi Zebra Singgalang 2020, namun juga seterusnya sehingga angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dapat kita tekan secara maksimal,"pesannya.



* Rkl *

 
Top