Kadis Pariwisata Penuda dan Olahraga Abdul Hakim, Saat Melepas Pacu Jawi Di Kampung Gendang, Sungai Tarab. 

JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Rangkaian Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2019, Alek Pacu Jawi sudah menjadi agenda tetap dan kalender tahunan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar, ditabuh di Kampuang Bendang, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Abdul Hakim mengatakan, jika alek pacu jawi ini sudah merupakan kalender pariwisata dan saat ini merupakan rangkaian dari event Festival Pesona Minangkabau 2019.

Ia menyebut, jika Festival Pesona Minangkau Tanah Datar juga sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai kalender event nasional. Dan untuk kalender event tahun 2020 di Tanah Datar sendiri direncanakan Januari 2020 sudah keluar.

"Festival Pesona Minangkabau hanya ada di Tanah Datar dan ini sudah diakui secara nasional, ini bertujuan untuk melestarikan budaya. Salah satu dari 16 event yang digelar pada festival ini yaitunya pacu jawi," kata Abdul Hakim.

Salah Satu Paserta Alek Pacu Jawi Dengan Atraksi Lumpurnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Amiruddin Dt. Makhudum Sati mengatakan, jika saat ini Kampuang Bendang Nagari Sungai Tarab menjadi tuan rumah, dan ini sudah menjadi kesepakatan dari empat kecamatan di Tanah Datar yang sudah memiliki kalender tetap pacu jawi, yaitu Kecamatan Lima Kaum, Sungai Tarab, Pariangan dan Rambatan.

"Setelah didapati kesepakatan untuk pelaksanaan pacu jawi ini, maka kami upayakan segera memperbaiki tali bandar yang akan mengairi arena pacuan," ucapnya.

Amiruddin Dt. Makhudum Sati meminta kepada pemerintah daerah agar tali bandar dapat diperbaiki sebaik mungkin, selain itu selaku panitia, Ia juga mohon bantuan tenda karena tenda yang dipakai saat ini merupakan tenda yang dipergilirkan ke setiap kecamatan yang akan melaksanakan pacu jawi.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah agar dapat memberikan bantuan tenda untuk masing-masing kecamatan, sehingga tidak perlu lagi menjemput tenda jika akan melaksanakan alek anak nagari pacu jawi ini," harapnya.

Amiruddin akui jika alek pacu jawi ini selain hiburan bagi masyarakat, juga dapat meningkatkan perekonomian karena banyaknya masyarakat yang berdagang, sarana parkir dan juga banyaknya wisatawan yang datang.

Turut hadir pada saat alek pacu jawi tersebut Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkopimca, Wali Nagari se- Kecamatan Sungai Tarab, KAN, Tokoh Masyarakat, Pengurus Porwi dan undangan lainnya. (MG)
 
Top