JA.com Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melepas keberangkatan 10 hafiz dan 1 orang petugas masjid teladan penerima reward umroh di Gedung PKK Indo Jolito, kemarin.

Kesepuluh anak ini adalah hafiz terbanyak hafalannya dari berbagai kategori yang sudah diseleksi oleh Lajnah Tahfiz Tanah Datar beberapa waktu lalu. Mereka adalah untuk kategori umum Rahmad Dani (X Koto), Yuhefni (Lintau Buo Utara).

Kemudian, Kategori SLTA (Rafli Januar P) Lima Kaum), M. Habilullah (Tanjung Baru), Afifah Tulzahra (Tanjung Baru), Kategori SLTP M. Yusuf Batami (Lima Kaum), Fhiara Ramadhani (Tanjung Emas), Virda Raudhatul Jannah (Tanjung Emas) dan Sabrina Annasya (Rambatan) dan Kategori SD Asilah Nurliza (Pariangan).

Selain itu juga diberangkatkan petugas masjid teladan 2019 yakni Adrizal Nasuha dari Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar.

Bupati Irdinansyah di kesempatan itu menyampaikan terima kepada seluruh donatur yang telah bermurah hati memberangkat para hafiz dan petugas masjid ke tanah suci.

“Kepada yang berangkat umrah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan mari doakan para donatur selalu diberi kesehatan dan rezeki beliau semakin diluaskan oleh Allah SWTdilimpahkan,” kata Irdinansyah Tarmizi, kemarin di Batusangkar.

Lebih lanjut Irdinansyah katakan pemberian reward sebagai bentuk motivasi bagi orang tua dan anak-anak untuk giat belajar dan menghafal Alquran.

“Ini untuk motivasi bagi kita semua, agar kita dan anak-anak lebih banyak pegang Alquran dibanding pegang handphone. Mari sukseskan program Tanah Datar madani ini mulai dari guru TPA, guru di sekolah, guru tahfiz dan orang tua. Saat ini rumah tahfiz sudah mencapai 172 buah, 14 di antara binaan kabupaten di masing-masing kecamatan," katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra H. Afrizon menyebutkan pemberian reward umrah sudah masuk tahun ke-3, di mana tahun 2017 sebanyak 4 orang, tahun 2018 6 orang dan tahun 2019 10 orang ditambah 1 orang petugas masjid teladan, semuanya donasi perantau.

“Untuk kriteria juga meningkat, tahun 2017 yang berangkat punya hafalan minimal 2 juz, 2018 menjadi 3 juz dan tahun ini minimal sudah 5 juz dan yang terbanyak punya hafalan 25 juz,” simpul Afrizon. (MG)
 
Top