JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Inovasi bidang pelayanan publik yang diberi nama “SPKT Mobile” (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Mobile) sebuah inivasi yang terbilang masih uji coba dan sudah mendapat respon positif dari banyak masyarakat, yang dilaksanakan di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, pada Minggu pagi (22/12), kemarin.

SPKT Mobile menyediakan jenis pelayanan penerbitan pengaduan atau Laporan Polisi, Laporan Kehilangan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ditambah dengan layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.I.K.,M.H melalui Kasat Intelkam Polres Payakumbuh IPTU Luhur Fachri mengatakan, dalam uji coba inovasi ini, SPKT Mobile telah melayani 5 orang penerbitan SKCK dan 52 orang warga cek kesehatan gratis, sedangkan untuk pengaduan atau laporan polisi dan laporan kehilangan belum ada.

“Memang masih banyak kekurangan-kekurangan saat uji coba layanan ini, tapi kami akan tingkatkan lagi. Meski demikian, Alhamdulillah, masyarakat cukup antusias dan merasa sangat terbantu dengan adanya layanan ini," kata Kapolres melalui Luhur Fachri.

Ia menyebutkan, sengaja di tampilkan di tempat umum dan dihari libur, agar masyarakat yang biasanya tidak punya waktu datang ke Polres Payakumbuh bisa dengan mudah mengurus urusannya, sambil olahraga senam dan maraton di pagi harinya.

“Karena inovasi ini baru dimulai, masih banyak yang harus disesuaikan. Kami akan kembangkan lagi inovasi ini dengan tambahan sarana prasarana pendukung, inovasi tambahan lainnya, keterlibatan stakeholder serta tambahan layanan lain seperti penerbitan SIM dengan mobil SIM Keliling dan layanan Samsat berupa pembayaran pajak kendaraan.

Dikatakannya, meski baru diterapkan, ia tetap optimis, inovasi ini akan mendapat tempat di hati masyarakat Kota Payakumbuh dan 50 Kota. Karena pada prinsipnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Kami harus berpikir sebagai pelayan, menghantarkan layanan kepada masyarakat dan wajib berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Ini merupakan bagian upaya kami dari Polres Payakumbuh, agar masyarakat mudah terlayani," demikian Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan. (Farhan)
 
Top