JA.com,Sarolangun (Jambi)-- SMPN 1 Sarolangun menggelar lomba Kapasitas peserta didik dalam menoreh prestasi. Kegitan tersebut dalam Program Pembinaan Bakat dan Prestasi (PPBP) dengan  mengadakan dua jenis lomba yaitu lomba menulis literasi (Cerpen) dan oleh raga pencak silat yang diikuti oleh perwakilan sekolah tingkat SLTP diantaranya  SMPN 1, SMPN2, SMPN 11,SMPN 17 dan SMPN 17 Sarolangun. Rabu (18/12) Kemarin.

“ Acara ini kegiatan ini terselenggara bersumber dari dana pusat. Jadi kita disini (daerah) menggelar even sesuai dengan potensi yang ada. Diantaranya jenai kegiatan yang kita ambil yaitu lomba menulis literasi cerpen dan pencak silat “. Kata Delfi Tamba, S.pd.

Koordinator Kegiatan PPBP.
Delfi Tamba juga mengatakan bahwa Lomba cerpen dan pencak silat identik dengan suasana kearifan lokal yang ada dilingkungan dari masing – masing peserta lomba,

“ Peserta lomba cerpen meneritakan apa yang terlihat dan dialami oleh sipenulis dari segala aktivitas keseharinnya. Sedang Pencak silat, kita memiliki sumber daya baik dari pelatih maupun dari peserta. Dari cabang oleh raga pencak silat para peserta lomba  cukup dominan . Karena banyak perguruan silat didaerah kita ini “. Tandasnya.

Kegiatan ekstrakurikuler memiliki fungsi dan juga prinsip yaitu untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas dengan prinsip yang bersifat individual yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan potensi bakat, minat dari masing masing peserta . (nal)
 
Top