JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Kabupaten Tanah Datar meraih Himpaudi Award 2019 dari Pemerintah Pusat yang diterima langsung Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi ) Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi ) Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi mengatakan, sedikitnya 33 kabupaten yang menerima award dimaksud.

"Selain itu juga terdapat 10 provinsi penerima Himpaudi Award ini, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Jawa Barat, Aceh, DKI Jakarta, Banten, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Jambi, Papua dan Kepulauan Riau, 7 untuk tingkat kecamatan dan 8 untuk tingkat kelurahan atau desa," kata Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi.

Dikatakannya, Himpaudi Award itu diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhi Prabowo pada puncak peringatan HUT XIV Himpaudi dan Apresiasi Kreativitas Pejuang PAUD (AKPP) III tahun 2019, Jumat (13/12) di Jakarta.

Tidak itu saja, katanya, sebelumnya TP-PKK Tanah Datar juga menjadi juara satu tingkat Provinsi Sumatera Barat pada ajang PMT-AS kategori masak menu serba ikan yang dilaksanakan di Kota Padang beberapa waktu lalu.

"Terima kasih kepada guru PAUD dan Pengurus Himpaudi Tanah Datar atas kerja keras dan kerja ikhlas sehingga penghargaan yang kita raih ini dapat memotivasi kita bersama untuk berbuat lebih baik lagi dalam rangka menciptakan anak-anak cerdas dan berkarakter, sehingga Tanah Datar ke depan lebih maju dan lebih baik lagi," ucapnya.

Ny. Emi juga katakan di Tanah Datar juga sudah dicanangkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) semenjak dua tahun yang lalu, dan hasilnya saat ini berbuah penghargaan dari pemerintah pusat. Dan progam yang digagas Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar tersebut disingkronkan dengan Himpaudi.

"Pada puncak Hari Anak Nasional (HAN) dan HIMPAUDI kita juga mengajak anak-anak untuk gemar makan ikan, tema yang diangkat yaitu "edukasi makan ikan cegah stunting," jelas Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi.

Lebih lanjut kata Ny. Emi Irdinansyah bahwa penghargaan tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah khususnya Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar yang telah bekerja sama dengan Himpaudi dalam mensosialisasikan gemar makan ikan bagi anak-anak TK dan PAUD serta juga pada masyarakat. (MG)
 
Top