JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Wali Kota Riza Falepi bersama unsur Forkopimda membuka Payakumbuh Open Archery Tournament digelar di Lapangan Sari Bulan selama dua hari, 28 dan 29 Desember 2019.

Ketua Penitia Suparman mengatakan, iven ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke 49, sekaligus uji kompetensi atlet panahan.

"Iven ini merupakan yang pertamakalinya di Payakumbuh. Kita ingin membumikan olahraga panahan, di Payakumbuh ada ratusan atlet panahan yang tergabung di PERPANI," kata Suparman yang juga Ketua Pesatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kota Payakumbuh ini.

Dikatakan Suparman, peserta yang beragam dari seluruh provinsi di Indonesia. Semisal, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, bahkan ada yang dari Bali.

"Sedikitnya, berkisar 370 peserta terdiri dari Divisi Umum, Divisi Nasional U-10 dan U-15, serta Divisi Tradisional Umum yang ikut, panitia sudah mempersiapkan medali, doorprize, serta piala bergilir dari Wali Kota," jelasnya.

Ketua KONI Kota Payakumbuh diwakili Jondrizal mengapresiasi pelaksanaan turnamen ini, ini merupakan tantangan bagi PERPANI Payakumbuh, mempersiapkan atlet terbaik untuk ke kancah yang lebih tinggi.

"Di awal informasinya acara cuma kecil-kecilan, ternyata antusias peserta sangat luar biasa, bahkan acara ini merambah regional, semoga peserta yang ikut hari ini dapat menjadi kontingen indonesia untuk olimpiade nanti," harapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Riza Falepi berharap lahirnya atlit untuk bertanding dan juara di olimpiade adalah sebuah kebanggaan bagi daerah.

"Kalau Porprov itu udah selesai urusannya sama KONI, tapi kalau sudah olimpiade, ini adalah harkat dan martabat bangsa kita, perlu perhatian kita bersama," kata Riza.

Riza Falepi juga mengatakan akan membuatkan area panahan di Area Normalisasi Batang Agam, disamping juga sudah membuat beberapa fasilitas dan sarana olahraga lain seperti GOR, area skateboard, sepatu roda, arung jeram, dan sebagainya.

"Dukungan kita kepada Panahan kita tunjukkan, malah setiap hari di halaman balaikota atlet-atlet PERPANI tampak beraktifitas oleh kita setiap ke kantor," kata Riza.

Lebih lanjut, Riza juga menyempatkan diri memanah bersama Danramil 01/Pyk Kapten Joni Forta, tampak canggung namun pasti, Wali Kota dua periode itu baru pertama kali mencoba memanah.

"Walaupun pertamakali memanah, kita optimis membidik sasaran, olahraga ini merupakan olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW, selamat bertanding untuk para atlet kami, selamat datang di City Of Randang," tutupnya. (Farhan)
 
Top