JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Sidang paripurna istemewa DPRD Solok Selatan dalam agenda peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan tahun ini, sangat istimewa. Selain acara yang digelar meriah, juga dihadiri lansung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, menyampaikan bahwa momentum hari jadi Kabupaten Solok Selatan ke 17 tahun 2021 ini, hendaknya sebagai momentum   untuk menyatukan tekad segenap pemangku kepentingan dan masyarakat di Solok Selatan.

Pihak eksekutif, legislattif dan stakeholder terkait, mesti bersatupadu untuk membangun Solok Selatan ke depan. Selain itu, perlu dipikirkann upaya-upaya inovatif dan kreatif untuk menjawab tantangan tantangan saat ini.

“Berbagai inovasi perlu dipikirkan untuk menjawab berbagai persoalan saat ini. Jangan sampai terjebak dan terbelenggu dengan paradigma lama dan cara-cara konvensional,” sebut Zigo di hadapan rekan rekan jurnalis   seusai sidang, Kamis (7/1) di kantor DPRD Solok Selatan.

Zigo menegaskan, DPRD Solok Selatan akan terus mendukung dan mensupport program dan kegiatan eksekutif untuk kemajuan masyarakat Solok Selatan kedepannya.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengatakan bahwa Solok Selatan menjadi salah satu kabupaten yang akan ‘disorot’ kedepannya. Itu karena bupati terpilih adalah ayah kandung dari ketua DPRD.

‘Tapi ini mesti dipandang dari sisi positif,” kata Irwan kepada wartawan.

Disampaikannya, banyak daerah terpaksa menghabiskan banyak waktu dan energi karena terjebak dalam menyelesaikan persoalan antara eksekutif dan legislatif.

“Hal itu tentu merugikan daerah dan masyarakatnya sendiri,” jelasnya.

Dengan duet kepemimpinan seperti di Solok Selatan, komunikasi yang baik yang ada antara bupati dan ketua DPRD akan bisa menghilangkan berbagai persoalan yang tidak perlu.

“Kekompakan antara eksekutif dan legislatif merupakan modal utama suatu daerah untuk berkembang maju,” imbuhnya.

Seusai sidang, sejumlah kegiatan masih terus berlanjut di halaman gedung perwakilan rakyat. Dimulai dengan acara pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Ralanda, dikuti oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Solsel.

Kemudian, acara pembagian doorprize untuk tamu dan undangan. Meski diadakan dalam protokol kesehatan yang cukup ketat, tidak mengurangi nilai meriahnya acara.


* dirman *

 
Top