JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda bergerak cepat dengan jemput bola untuk peroleh mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain dana hibah Rehab Rekon, Zigo beserta pejabat Pemkab Solsel juga mengupayakan dana siap pakai (DSP) BNPB yang bisa dimanfaatkan kabupaten itu. 

Dihari awal kerja 2021 ketua DPRD Solok Selatan bersama  pejabat melakukan pertemuan terkait mitigasi bencana dan penanganan pasca bencana banjir dan longsor di daerah yang berjulukan'Sarantau Sasurambi'ini di tahun 2019 sebut Selasa (15/1/2021).

Menurutnya, pertemuan diadakan pada Senin, 4 Januari 2021di Graha BNPB, Jakarta. Ikut dalam kegiatan itu dari Pemkab Solsel, yakni Pj. Sekda, Kalaksa BPBD beserta rombongan dan tim TAPD.

Di Graha BNPB, Zigo bertemu dengan Sestama BNPB, Harmensyah dan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rivai.

"Alhamdilllah, dari hasil pertemuan itu. BNPB berjanji segera mentransfer dana hibah bantuan Rehab Rekon ke Rekening Daerah selama Solsel mampu menyiapkan dokumen perencanaan atau detail Engineering Design (DED) yang di bebankan pada APBD Solsel," lanjut Zigo.

Ia mengatakan, Sestama BNPB, Harmensyah juga menawarkan beberapa kegiatan lain di BNPB yang disinergikan di Solsel, seperti pembenahan alur sungai dan irigasi terdampak bencana melalui DSP BNPB.

Terakhir, Zigo Rolanda berharap agar kedepan tidak ada lagi bencana yang masif di Solsel seperti yang terjadi pada 2019. "Dengan mitigasi yang bagus. Pihak BNPB juga akan segera melakukan perbaikan pasca bencana di Solsel dalam waktu dekat," tutur Harmensyah ditirukan Zigo. 

* dirman *

 
Top