JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat). 

Luar biasa,  hari pertama masuk kerja tahun 2021 Bupati Limapuluh Kota H.  Irfendi Arbi sudah mencatat sejarah. Mengawali tahun baru ini, Irfendi Arbi sukses mempersembahkan Penghargаan Kabuрaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM bagi masyarakat dan daerahnya. 

Anugerah bergengsi dari Kementerian Hukum dan HAM itu di serahkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat di Padang,  Senin (4/1/2021).

Irfendi Arbi mengaku gembira dan bangga  mendapatkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM tersebut. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan sinergi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam memberikan hak masyarakat dan pelayanan publik yang berbasis HAM. 

"Alhamdulillah,  kita berhasil meraih Penghargаan Kabuрaten Peduli HAM. Prestasi ini tentunya harus menjadi pelecut bagi kita untuk tetap konsisten dalam penegakan HAM, baik dalam pelayanan publik maupun hak-hak masyarakat lainnya sesuai peraturan berlaku," tutur Irfendi. 

Dikatakan,  penghargaan itu merupakan yang ke tiga kalinya diterima Kabupaten Limapuluh Kota secara berturut-turut sejak tahun 2018. Dengan adanya penghargaan ini,  penegakan HAM di Kabupaten Limapuluh ke depannya diharapkan lebih meningkat lagi. 

"Penghargaan Kabuрaten Peduli HAM ini merupakan yang ke tiga kalinya bagi Kabupaten Limapuluh Kota sejak tahun 2018 sampai tahun 2020. Kita berharap prestasi ini terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya," tutur Irfendi.

Diakui Irfendi, penetapan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai kabupaten peduli HAM tidak terlepas dari peran serta dan kerja sama stakeholder serta keikutsertaan berbagai elemen masyarakat.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena atas dukungannya predikat daerah peduli HAM sukses kita dapat, " ucap Irfendi. 

Lebih lanjut dipaparkan, penghargaan ini bukanlah akhir dari sebuah kerja. Namun, menjadi awal dari sebuah upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi dengan melibatkan semua pihak agar terus berperan dalam upaya penegakan Hak Asasi Manusia di daerah ini. 

“Kita berharap seluruh pihak terkait dan pemangku kepentingan agar terus berupaya untuk terwujudnya penegakan dan pemajuan hak asasi manusia di Kabupaten Limapuluh Kota, " ucap Irfendi. 

sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi tambahan daftar prestasi Kabupaten Limapuluh Kota ini.  Mereka berharap daerah ini ke depannya semakin berjaya dan terus berupaya memposisikan diri sejajar dengan daerah lain.

"Kita tentu berharap,  berbagai torehan prestasi itu terus di tingkatkan pada masa berikutnya, " ujar Zulkifli salah seorang pemuka masyarakat Kecamatan Harau. 

Terpisah Kabag Hukum Setdakab Limapuluh Kota Eri Fortuna, SH menjelaskan, Pemkab Limapuluh Kota sukses merebut anugerah bergengsi ini karena adanya kebijakan pemerintah daerah di bawah komando Bupati Irfendi Arbi sehingga terpenuhinya hak atas pendidikan,  hak atas kesehatan,  hak lingkungan berkelanjutan, hak anak, hak atas perumahan, hak atas pekerjaan, hak atas kependudukan. 

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika menyerahkan penghargaan itu mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada kepala daerah yang sukses meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM. 

“Saya mengucapkan apresiasi, terima kasih, dan selamat (atas pencapaian Kepala Daerah), mudah-mudahan kedepannya terus meningkatkan kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia. Mari kita rancang rencana aksi, masing-masing Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Provinsi membuat rencana aksi yang tepat, kita perbanyak aksi-aksi HAM”, ujar Gubernur. (gun



 
Top