JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) sudah suatu agenda rutin di pemerintahan suatu daerah tiap tahunnya, dalam menerima aspirasi masyarakat tentang rencana pembangunan.

Musrenbang Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh tahun ini dihadiri tamu istimewa dari Senator asal Sumatera Barat Alirman Sori anggota DPD RI.

Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, secara langsung membuka Musrenbang tingkat kecamatan, kali ini  melonceng Musrenbang tingkat kecamatan  Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) di aula kantor camat tersebut, Pakan Rabaa, Kamis (5/32020).

Camat KPGD Syahrul Munir sekaligus ketua Panitia Musrenbang mengatakan "Musrenbang itu adalah untuk menyampaikan aspirasi di berbagai bidang pembangunan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas kerjasama demi terselenggaranya musyawarah rencana pembangunan Ini, mudah mudahan dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar." sesuai harapan kita bersama.

Dalam sambutannya Plt Bupati mengatakan, Musrenbang bukanlah acara seremonial belaka untuk itu marilah kita jadikan sebagai penampung aspirasi masyarakat, agar usulan usulan dapat tersampaikan secara transparan dan menjadi referensi utama dalam pengambilan keputusan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah akan transpran, jika ada usulan dalam musrenbang yang tidak terakomodir dalam APBD maka harus dijelaskan alasannya kenapa tidak terakomidir.

“Kita akan buat transparan, usulan musrenbang yang terseleksi harus dijelaskan alasannya, bila jadi prioritas juga harus dijelaskan kenapa program ini harus diprioritaskan,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Armen Syahjohan menyampaikan permintaannya agar pemerintah prioritas untuk membangun kembali jembatan Sungai Pangkua yang hancur akibat banjir beberapa bulan silam.
Ia juga mengatakan bahwa DPRD siap mengawal program prioritas musrenbang untuk di anggarkan di APBD nantinya.

Dalam kesempatan tersebut, Alirman Sori mengapresiasi pemda solsel yang sering datang ke DPD RI menyampaikan aspirasi daerah.

Ia berharap pemerintah daerah dan masyarakat memanfaatkan DPD RI sebagai jembatan penyampaian aspirasi dari bawah.

Sehubungan dengan Musrenbang, ia menyebutkan, kegiatan ini bukan ajang diskusi seremonial, Musrenbang katanya merupakan kebijakan awal untuk menentukan konsep pembangunan yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Yulian Efi, sejumlah Anggota DPRD, Muspika,  Wali nagari , OPD, Tokoh masyarakat, dan para peserta Musrenbang lainnya.

* man *
 
Top