JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Puluhan warga Tinggam, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat dilaporkan mengalami keracunan setelah mengkonsumsi ikan jenis Tongkol, Kamis (11/3).

Informasi yang di himpun Awak Media di lapangan, Menurut keterangan salah seorang warga, takni Ujang (30) mengatakan  setelah menkonsumsi Ikan Tongkol yang berasal dari Sibolga Sumatera Utara beberapa masyarakat muntah, pusing dan sebaginya.

"Kami beli di Pasar Talu dan ada juga yang dibeli di Pasar Tinggam Talu, karena hari Rabu adalah hari Pasar Talu, Kecamatan Talamau." un

Senada dengan itu salah seorang Perawat Puskesmas Talamau, Rose ketika dikonfirmasi mengatakan saat ini seluruh korban tengah menjalani perawatan medis di Puskesmas setempat.

"Jumlah sementara sekitar 50 orang yang kami tangani diduga mengalami keracunan Ikan Tongkol. Namun jumlah ini masih terus bertambah. Sebab masih banyak warga yang dalam perjalanan ke Puskesmas ini untuk berobat," terang Rose, Rabu (11/3) malam.

Dari pengakuan korban, kejadian itu berawal saat warga memakan Ikan Tongkol yang dibeli dari para penjual di pasar Talu, Pasbar.

"Namun bukannya malah mengenyangkan, para korban malah merasakan mual dan sakit perut. Bahkan ada korban yang mengalami pusing dan lemas. Sehingga mereka berbondong-bondong berobat ke Puskesmas Talu sampai malam ini," tutupnya.

Pihaknya saat ini masih fokus memberikan perawatan medis kepada para korban di Puskesmas Talu. Jika memang kondisi penyakit korban sangat parah, tidak tertutup kemungkinan langsung dirujuk ke RSUD Jambak, Pasbar.

Hingga saat ini pihaknya masih terus siaga menunggu adanya korban susulan di Puskesmas Talamau.

"Masih terus kami pantau, kalau memang masih ada korban bakal dijemput kerumahnya dengan ambulance. Agar korban dengan cepat mendapatkan perawatan," katanya.

Sebagai antisipasi Kejadian tersebut pihak Puskesmas telah berkordinasi dengan Polsek Talamau dan sudah menyampaikan larangan sementara menkonsumsi ikan jenis Tongkol keseluruh masyarakat melalui mobil patroli Polsek talamau.

Bagi Pembeli Ikan Tongkol di Pasar Talu dan pasar pagi  Tinggam. Agar tidak memakan ikan tongkol tersebut.

* Sofyan H *
 
Top