JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Polisi Resort (Polres) Pasbar serta Pemda dan TNI kerjasama lakukan penyemprotan cairan desinfektan disejumlah ruangan pelayanan publik dan fasilitas umum di lingkungan Pemerintahan Pasbar guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Minggu (15/03).

Kegiatan yang diawali dengan menggelar apel gabungan antara jajaran Polres Pasaman Barat, TNI dan Pemerintahan Daerah Pasbar. Sejumlah petugas Dinkes bersama anggota Polri dan TNI melakukan penyemprotan cairan desinfektan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Penyemprotan dilakukan secara bersama-sama untuk membunuh kuman atau virus yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Selama kegiatan tim sengaja menyasar ruang pelayanan publik, seperti ruangan Sat Intelkam dan Satlantas Polres Pasbar, Kantor Koramil, Kejaksaan, Pengadilan dan kantor-kantor Dinas.

Kapolres Pasbar AKBP Fery Herlambang mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu himbauan Kapolri kepada Polda hinga ke Polres-Polres, Jum'at (13/03) lalu agar
melaksanakan Antisipasi Virus Corona.

"Berdasarkan himbauan Kapolri tersebut maka kita bersama Pemkab Pasbar dan TNI menggelar Kegiatan Antisipasi ini dengan melakukan penyemprotan ke tempat-tempat pelayanan publik," ujar Kapolres.

Untuk Anggota Polres juga sudah melakukan antisipasi dilingkungan Kerja Polres, kami menghimbau agar Personil Polres menjaga kesehatan, hindari kontak langsung namun pelayanan tetap lanjut. Sebelum kerja dan masuk ruangan wajib memakai Sabun anti septik dan jika ada anggota yang Sakit harus menggunakan Masker.

Sementara itu Kajari Pasbar Tailani Moehsad juga menyampaikan, dengan ada nya Pandemik Virus corona saat ini maka harus dilakukan pencegahan optimal karena virus corona ini gampang menular.

"Guna menghindari dan antisipasi berkembangnya Virus Corona ini, maka mulai senin (16/03) maka tamu-tamu untuk kejaksaan disediakan sabun cuci tangan, begitu juga pegawai Kejaksaan.Sabun anti septik ini diaediakan di dua (2) tempat, didepan untuk tamu, didalam untuk pegawai," jelas Kajari.

Sementara Sekda Pasbar Yudesri menyampaikan dalam rangka pencegahan tumbuh kembang nya Virus corona, pemkab telah melakukan Koordinasi dengan pihak pihak terkait dan juga melakukan penyemprotan disinfektan secara bersama dan hal tersebut akan berkelanjutan.

"Mulai senin depan sampai waktu yg tidak ditentukan kita juga akan menghentikan absensi menggunakan Finger Print, dan kita juga akan mengadakan rapat pembentukan satgas penanggulangan yang akan bekerja sesuai SOP dan Tupoksi masing-masing," ujar Yudesri.

* Sofyan Harahap *
 
Top